Follow detikFinance
Jumat 28 Apr 2017, 07:41 WIB

Satu Hal Yang Anda Bisa Lakukan Tapi Warren Buffett Tidak Bisa

Tung Desem Waringin - detikFinance
Satu Hal Yang Anda Bisa Lakukan Tapi Warren Buffett Tidak Bisa Foto: Reuters
Jakarta - Warren Buffett adalah investor pasar saham terkemuka di dunia. Dia berhasil mengalahkan pasar secara konsisten dalam 50 tahun terakhir dan perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki surplus tunai lebih dari US$ 20 miliar untuk akuisisi dan investasi. Dengan jumlah uang itu, mudah untuk berpikir bahwa Buffett benar-benar bisa melakukan apa saja yang dia mau.

Namun, hal-hal yang tidak sesederhana itu. Apa yang kebanyakan orang tidak pertimbangkan adalah bahwa Buffett memiliki sesuatu yang bekerja melawannya. Anda sebagai investor swasta, tidak perlu khawatir dulu: ukuran portofolio Anda.

Ternyata, semakin besar portofolio Anda, semakin sulit waktu Anda memengaruhi keuangan Anda. Satu hal yang dapat Anda lakukan, yang Buffett tidak bisa lakukan adalah menginvestasikan perusahaan kecil yang benar-benar bagus dan melihat keuntungan darinya.

Pada titik ini, Buffett harus memiliki keuntungan yang jauh lebih besar bahkan untuk benar-benar terlihat. Dan perusahaan kecil, betapa pun menggiurkan, tidak bisa menghasilkan itu.

Buffett mengatakannya seperti ini:

"Siapa pun yang mengatakan ukuran itu tidak melukai kinerja investasi yang laku," kata Buffett. "Tingkat pengembalian tertinggi yang pernah saya capai terjadi di tahun 1950an. Aku membunuh Dow. Anda harus melihat jumlahnya. Tapi aku menginvestasikan kacang kemudian. Ini keuntungan struktural yang besar karena tidak punya banyak uang. "

Hanya ada satu alasan lagi yang sebaiknya tidak Anda investasikan seperti Buffett. Singkatnya, Anda tidak perlu melakukannya. Anda akan bisa menghasilkan hasil yang jauh lebih baik daripada Warren Buffett hanya karena Anda bekerja dengan jumlah yang lebih kecil dan jumlah yang lebih kecil.

Jadi, pada saat Anda melihat Berkshire Hathaway dengan penuh harapan dan berharap Anda berhasil seperti Buffett, ingat bahwa Anda memiliki lebih banyak kesempatan sekarang daripada Oracle of Omaha. Manfaatkan yang terbaik!

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed