Follow detikFinance
Senin 01 May 2017, 08:18 WIB

Pengeluaran yang Terlupakan

Stanley Christian - detikFinance
Pengeluaran yang Terlupakan Foto: Istimewa
Jakarta - Setiap bulan kita sudah punya daftar belanjaan atau pengeluaran apa saja setelah menerima gaji. Bayaran bulanan, keperluan sehari–hari hingga berinvestasi. Tapi pernahkan anda merasa, rencana bulanan ini hanyalah rencana belaka, karena anda merasa uang yang seharusnya cukup tapi menjadi tidak cukup.

Anda merasa kehilangan uang entah ke mana, padahal uang tersebut bukan hilang melainkan ada keperluan-keperluan yang lupa anda masukkan dalam daftar bulanan tadi. Berarti selama ini ada keperluan yang tidak pernah anda pikirkan atau anda tulis, nah berikut keperluan yang selama ini sering anda abaikan.

Kondangan
Ketika usia anda menginjak usia 25, tentu anda akan sering menerima undangan pernikahan. Minimal dalam 1 bulan sekali anda menerima undangan pernikahan. Tak jarang dalam hari yang sama anda mendapat undangan lebih dari satu. Dan ketika datang tentu anda tidak hanya sekedar datang saja kan, tapi harus menyiapkan yang namanya 'uang kondangan'.

Bukan maksud saya untuk perhitungan dengan teman, tapi coba anda sadari pengeluaran yang satu ini bila tidak punya pos khusus, tentu dapat berakibat kebocoran yang luar biasa. Maka daripada kebocoran ini berulang dan dapat membuat kantong anda semakin bolong, sebaiknya dibuat pos khusus atau anggaran khusus untuk acara seperti ini. Tak lupa juga dimasukkan ke dalam pos ini adalah uang duka. Kita tidak pernah tahu ada kerabat yang meninggal dan anda tentu akan memberi uang duka.

Dana Darurat
Sesuai namanya dana darurat, ini adalah pengeluaran yang terjadi karena situasi tak terduga atau darurat. Contoh yang paling sering dialami adalah kita sakit demam, apalagi saat ini tengah pancaroba, bila kondisi tubuh kurang fit, tentu mudah sekali terkena demam atau lainnya. Kita akhirnya ke dokter dan membeli obat dan ini perlu biaya lho. Belum lagi bila gadget kesayangan kita error, harus service. Sedangkan gadget adalah tumpuan untuk bekerja, biaya service tidaklah sedikit. Ditambah atap rumah bocor ketika hujan seperti saat ini, perlu biaya lagi untuk merenovasi atau memperbaiki atap. Dan tentu masih ada biaya-biaya lain yang terduga dan bersifat darurat. Bila anda tidak siap dengan pengeluaran seperti ini, tentu keuangan anda akan semakin dalam.

Hiburan
Dengan rutinitas yang anda jalani setiap hari, pasti muncul yang namanya rasa jenuh dan salah satunya obatnya adalah hiburan. Kita butuh yang namanya hiburan, namun sebaiknya tetap dalam ukuran yang wajar sesuai kantong anda agar tidak bocor ke mana-mana. Hal yang sering dilakukan adalah jajan. Baik gorengan atau ke coffee shop. Entah berapa kali anda melakukan itu dan berapa banyak pengeluaran untuk itu semua. Sebaiknya anda mulai buat anggaran khusus untuk jajan ini. Hemat bukan berarti pelit lho.

Anda harus tetap bijak dalam pos untuk hiburan ini, misal untuk nonton ke bioskop akhir pekan ini. Ada film Hollywood terbaru yaitu Fast 8, tentu tidak salah bila anda memiliki anggaran untuk ini, dan anda bisa siasati untuk tidak membeli makanan di tempat tersebut karena cukup mahal, nilainya setara tiket tersebut. Siapkan yang pas dan pantas untuk bersenang-senang setiap bulannya. Pastikan sesuai porsinya tidak akan menjadi masalah. Toh, anda memang berhak bersenang-senang setelah bekerja keras.

Lupa Tagihan Bulanan
Secara umum, tagihan yang rutin setiap bulan, tentu sudah masuk daftar. Misalkan tagihan listrik, telepon hingga kartu kredit. Namun tbila anda pengguna kartu kredit, ada kemungkinan anda terlewat tagihan ini. Mengapa demikian? Kartu kredit memiliki memiliki istilah tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo, dan sering kali yang terjadi, penagihan kartu kredit tidaklah tepat 1 bulan berikutnya, melainkan dapat 45-50 hari atau 15-20 hari kemudian yang ternyata ini di luar perhitungan anda.

Contoh, kartu kredit dengan tanggal cetak 7, dan jatuh tempo setiap tanggal 27. Maka ketika anda bertransaksi tanggal 6 bulan ini, maka akan tercetak dan jatuh tempo tanggal 27 bulan ini juga, jadi waktu pembayaran anda kurang lebih 20 hari, yang awalnya anda perkirakan bulan depan. Sering terjadi tanggal tersebut anda belum gajian, dan inilah salah satu yang sering anda lupakan.

Makanya jangan banyak kelupaan. Biar tidak lupa ada baiknya belajar keuangan yang benar. Di mana? Beberapa yang direkomen: workshop regular merencanakan keuangan 29 April ini, info di sini, dan workshop Cara kaya dengan reksa dana tanggal 30 April infonya bisa dibuka di sini. Untuk bulan Mei ada kelas Basic Financial Planing complit bergelar Registered Professional Planner, info buka di sini, Selain itu ada workshop komunikasi yang menghipnotis, info buka di sini, sementara Ramadan ada kelas Syariah lho tanggal 9-11 Juni Info di sini.

Yapp inilah sedikit daftar pengeluaran yang kerap kali anda lupakan, nah semoga dengan membaca artikel ini, anda mulai memasukan pengeluaran ini ke dalam daftar bulanan anda, agar tidak bocor di bulan berikutnya. Happy Planning. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed