Follow detikFinance
Senin 01 May 2017, 08:55 WIB

3 Hal yang dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett

Tung Desem Waringin - detikFinance
3 Hal yang dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett Foto: Reuters
Jakarta - Bill Gates dan Warren Buffett merupakan tokoh yang berpengaruh dalam dunia bisnis. Bill Gates sendiri dikenal sebagai seorang tokoh bisnis, filantropis, investor, programmer komputer, dan penemu.

Seperti halnya Bill Gates, Warren Buffett juga merupakan seorang tokoh bisnis, investor dan dermawan Amerika. Dia disebut sebagai investor paling sukses di abad ke-20. Warren sendiri merupakan ketua, CEO dan pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway, dan secara konsisten masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Bill Gates yang menjadi salah satu LinkedIn Influencer, telah mem-posting ulasan ini di LinkedIn. Dalam ulasannya, dia menulis bahwa dia telah belajar beberapa hal dari Warren dan mendapatkan wawasan tentang bagaimana Warren Buffett berpikir.

Kini, Anda pun bisa mengetahui tiga hal yang telah dipelajarinya dari konglomerat dunia Warren Buffett. Penasaran? Berikut ulasannya:

1. Ini bukan hanya tentang investasi
Hal pertama yang dipelajari dari seorang Warren Buffett, tentu saja, adalah caranya berpikir tentang investasi. Sayangnya, kebanyakan orang hanya berhenti di situ, dan mereka kehilangan fakta bahwa Warren memiliki kerangka pemikiran bisnis yang sangat kuat.

Contohnya, dia mengatakan bahwa pemegang saham harus bertindak seolah-olah dia memiliki seluruh bisnis tersebut, melihat laju masa depan laba dan memutuskan apakah itu layak. Dan Anda harus bersedia untuk mengabaikan pasar daripada mengikutinya, karena Anda ingin mengambil keuntungan dari kesalahan pasar.

2. Tahu betapa berharganya waktu Anda
Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, Anda tetap tidak dapat membeli waktu. Semua orang hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Dan menurut Bill, Warren cukup tajam dalam hal ini. Warren tidak akan membiarkan kalendernya diisi dengan pertemuan-pertemuan yang tidak berguna. Di sisi lain, dia sangat murah hati pada waktunya ketika itu berhubungan dengan orang-orang yang dia percaya. Dia bahkan memberikan nomor teleponnya kepada penasihat dekatnya di Berkshire, dan mereka bisa meneleponnya kapan saja, dan dia berjanji akan langsung menjawab telepon tersebut.

Ketika Melinda dan Bill mendirikan yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, Bill langsung meminta nasihat Warren. Kami berbicara banyak tentang gagasan bahwa filantropi bisa memiliki efek dengan caranya sendiri, seperti apa yang dilakukan oleh perangkat lunak.

"Ternyata, cara brilian Warren dalam memandang dunia ini juga berguna untuk mengatasi kemiskinan dan penyakit, seperti dalam membangun bisnis," – Bill Gates.

3. Gunakan platform Anda
Banyak pemimpin bisnis menulis surat kepada pemegang saham mereka, tetapi Warren memiliki cara unik untuk melakukannya. Warren Buffett selalu menyisipkan humor di dalam setiap suratnya. Dan tampaknya itu cukup efektif untuk menarik minat para investor.

Selain itu, Warren juga dikenal dengan sikapnya yang terus-terang, karena dia bersedia untuk berbicara terus terang dan mengkritik hal-hal seperti opsi saham dan derivatif keuangan. Warren pun mengilhami Bill untuk mulai menulis surat tahunannya sendiri tentang bagaimana kinerja yayasannya.

Itulah beberapa pelajaran yang disampaikan Warren Buffett kepada Bill Gates. Semoga bermanfaat..

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed