Follow detikFinance
Jumat 05 May 2017, 06:41 WIB

Kunci Keberhasilan Bill Gates Sang Pendiri Microsoft

Tung Desem Waringin - detikFinance
Kunci Keberhasilan Bill Gates Sang Pendiri Microsoft Foto: Getty Images
Jakarta - Bill Gates merupakan pengembang salah satu perusahaan terbesar dan terkenal di dunia yaitu Microsoft, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software. Bill gates menduduki posisi urutan pertama sebagai orang terkaya di dunia. Tentu semua itu berkat kerja keras yang ia lakukan.

Jatuh bangun sudah pasti dilewati Bill Gates dalam merintis bisnisnya. Berikut kunci keberhasilan Bill Gates yang dapat dijadikan inspirasi:

1. Terus Belajar
Salah satu kebiasaan baik yang dilakukan Bill Gates sejak kecil adalah menghabiskan waktu luang untuk membaca buku. Dia gemar membaca dan tak heran bila dia sering dibelikan buku oleh ayahnya. Meksipun sudah sukses, Bill Gates tetap percaya bahwa seseorang harus terus belajar dalam hidupnya. Meskipun dirinya pernah keluar dari kampus, Bill Gates tetap mengatakan kepada para pemuda bahwa menuntut ilmu di perguruan tinggi itu penting dan tidak harus ditinggalkan.

2. Pandang Jauh Ke Depan
Pada waktu Bill Gates keluar dari kampusnya, orang-orang mungkin ada yang menganggapnya gila. Namun, dia melakukan itu karena melihat sesuatu yang jauh lebih menarik di masa depan. Pada masa itu, belum dikenal adanya komputer tapi Bill Gates sudah bisa membayangkan bahwa suatu saat setiap orang akan membutuhkan komputer. Bill Gates tidak ingin menunda-nunda waktunya untuk segera membangun bisnis yang menurutnya sangat potensial.

3. Inovasi Dan Kreativitas
Kunci utama mengapa Microsoft mampu bertahan hingga sekarang adalah inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang membesarkan perusahaannya.

Bill Gates menyadari bahwa setiap waktu kebutuhan manusia terus berubah. Oleh karena itu, produk yang mereka miliki juga disesuaikan dengan perubahan. Disinilah arti pentingnya inovasi dan kreativitas agar perusahaan terus bertahan.

4. Take Action
Dalam hidup memang dibutuhkan visi misi yang jelas. Akan tetapi, terkadang waktu seseorang lebih banyak terbuang karena memikirkan visi hidup mereka. Bill Gates cenderung berpikir sederhana dan lebih banyak melakukan sesuatu dibanding sekedar wacana.

5. Fokus Pada Kompetensi Diri
Alasan kenapa Bill Gates sukses adalah karena dia mengetahui di bidang apa kemampuan dan minatnya. Dia fokus untuk mempertahankan dan mewujudkan impiannya. Keteguhan hati inilah yang mengantarkannya seperti hari ini.

6. Tidak buang-buang waktu
Bill Gates lebih suka langsung bertindak dari berbicara. Dia tipikal orang yang sangat menghargai waktu. Menghadap lurus ke masa depan dan berhenti menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu.

Setiap orang mungkin menyesal dengan beberapa keputusannya di masa lalu tapi bagi Bill Gates tidak ada waktu untuk itu. Masa depan jauh lebih penting.

7. Kerja Tim
Seperti apa pun pintar dan bagusnya ide seseorang, kalau dia bekerja sendiri tentu hasilnya tidak akan maksimal. Tim sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan terutama dalam sebuah perusahaan besar.

Untuk mewujudkan ide-idenya, Bill Gates bekerja sama dengan banyak orang karena menurutnya untuk mewujudkan mimpi yang besar dibutuhkan tim yang besar.

8. Kecepatan
Setiap orang mengetahui bahwa dunia bisnis itu dihadapkan pada persaingan pasar. Siapa yang paling cepat, dialah yang menjadi terdepan. Bill Gates sangat menyadari hal ini, oleh karena itu dia memegang teguh prinsip kecepatan dalam menjalan perusahaan.

Berikut adalah kunci sukses Bill Gates. Teruslah memperkembang diri agar bisnis Anda juga ikut berkembang. Semoga berhasil!

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed