Follow detikFinance
Kamis 11 May 2017, 07:32 WIB

Mau Bisnis Naik Drastis? Perhatikan 5 Hal Ini

Tung Desem Waringin - detikFinance
Mau Bisnis Naik Drastis? Perhatikan 5 Hal Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Setiap bisnis menghadapi persaingan ketat dalam hal penjualan, efisiensi, dan efektivitas. Itulah sebabnya otomasi diperlukan agar bisnis Anda bisa bertahan. Alasannya, ada banyak hal yang harus dilakukan dalam bisnis Anda, tapi waktu tidak mencukupi. Tetapi mengotomatisasi area bisnis tertentu dapat memberikan waktu yang sangat berharga untuk menyusun strategi.

1. Proses perekrutan
Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda mungkin merasa perlu untuk mempekerjakan lebih banyak (kualifikasi) karyawan. Sayangnya, cara tradisional memasang iklan di situs kerja dan menunggu orang untuk apply tidak hanya tidak efisien tapi sangat menyita waktu.

Langkah pertama yang diambil untuk mengotomatisasi proses ini adalah menentukan kandidat yang Anda inginkan. Lakukan ini dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang calon kandidat saya bisa menjawab:
- Apa tujuanmu?
- Bagaimana Anda menangani situasi sulit?
- Apa kebiasaan baru yang telah Anda terbentuk dalam 30 hari terakhir ini?
- Apa yang Anda lakukan di waktu senggang dan mengapa?

2. Layanan pelanggan
Layanan dan dukungan pelanggan bisa menghabiskan banyak jam kerja. Jika Anda tidak memiliki sistem terorganisir untuk mengelola pertanyaan pelanggan, kualitas dukungan Anda dapat Anda alami.

Awalnya, saya semata-mata menangani setiap permintaan klien. Tapi setelah beberapa lama, saya mengamati bahwa saya tidak punya waktu luang untuk mencari lebih banyak klien. Dengan kesadaran itu, saya tahu bahwa saya memerlukan asisten virtual, jadi saya mengalihkan tanggung jawab perawatan pelanggan ke Percakapan agar fokus pada mendapatkan klien.

Anda bisa melakukan hal yang sama. Fokus pada aspek inti yang menghasilkan lebih banyak pendapatan dan mengotomatisasi yang tidak inti dan menghabiskan semua waktumu. Ikuti prinsip Pareto 80/20.

Dengan mengalihkan permintaan klien saya ke asisten virtual, saya meningkatkan pendapatan saya lebih dari 50 persen dan mengurangi waktu kerja saya setengahnya. Mengotomatisasi area ini memberi saya lebih banyak waktu untuk fokus pada strategi SEO dan periklanan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

3. Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu bagian bisnis yang paling penting, bergantung pada jenis usaha. Pemasaran yang tidak mencukupi dapat menghambat kesuksesan bisnis Anda secara signifikan.

Infusionsoft adalah alat yang mengotomatisasi proses penjualan dan pemasaran bisnis Anda. Infusionsoft menawarkan paket lengkap yang menangani keseluruhan pemasaran bisnis Anda dengan merampingkan manajemen hubungan pelanggan Anda, pemasaran email dan proses pengambilan keputusan.
Kegiatan ini biasanya merupakan aktivitas terpisah, namun dengan perangkat lunak otomasi seperti Infusionsoft, proses ini disederhanakan dan disederhanakan, menghemat waktu dan usaha Anda.

4. Manajemen waktu internet anda
Salah satu aset tak tergantikan hidup adalah waktu. Waktu tidak dapat disimpan atau dipinjam, hanya dihabiskan atau diinvestasikan.

Salah satu pemboros waktu terbesar di tempat kerja adalah internet lebih khusus lagi, media sosial. Hindari membuang-buang waktu secara online dengan menginstal perangkat lunak di browser Anda yang membatasi akses internet ke situs web tertentu sampai Anda selesai bekerja untuk hari itu.

5. Komunikasi tim Anda
Sebagai wirausahawan independen, saya memiliki karyawan yang bekerja dari jauh untuk bisnis saya. Kami sangat jarang, jika pernah, bekerja muka dengan muka. Bagaimana cara menjaga komunikasi secara real time dengan karyawan saya saat kita tinggal di zona waktu yang berbeda?

Slack adalah aplikasi chat antar tim yang memungkinkan saya untuk menjaga komunikasi konstan dengan karyawan saya di mana pun kita berada di dunia ini. Obrolan kelompok kami di dalam Slack menciptakan transparansi yang lebih besar di semua tim sambil memungkinkan kami untuk saling menanggap satu sama lain untuk menerima umpan balik langsung mengenai pekerjaan kami.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed