Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 06:49 WIB

4 Sifat Warren Buffett dan Investor Top Lainnya

Tung Desem Waringin - detikFinance
4 Sifat Warren Buffett dan Investor Top Lainnya Foto: Reuters
Jakarta - Warren Buffett tidak diragukan lagi merupakan investor top dunia namun kesuksesannya sulit untuk dicocokkan. Dia membangun salah satu bisnis top dunia dari awal dan telah meningkat menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Dia secara konsisten mengalahkan pasar saham.

Tony Robbins, seorang pelatih kehidupan profesional, baru-baru ini menerbitkan sebuah buku yang menjelaskan bagaimana sukses dengan uang. Dalam volume, dia mewawancarai para investor utama termasuk Warren Buffett, Carl Icahn, Ray Dalio, dan John Bogle. Apa yang dia temukan adalah bahwa keempat investor tersebut berbagi beberapa hal, termasuk keempat sifat ini:

1. Mereka menerima mereka tidak selalu benar
Tidak ada yang bisa benar sepanjang waktu, dan salah satu hal paling menarik tentang Warren Buffett adalah betapa mudahnya dia mengakui kesalahannya. Anda bisa melihat ini beraksi di beberapa surat pemegang sahamnya.

2. Mereka benci kehilangan uang
Semua orang membenci kehilangan uang, namun menurut Robbins, para investor ini bahkan lebih terobsesi dengan tidak kehilangan uang dibanding rata-rata orang. Buffett tidak terkecuali, yang bisa dilihat dalam kutipannya yang terkenal: "Aturan No. 1: Jangan pernah kehilangan uang. Aturan No. 2: Jangan pernah melupakan Peraturan No. 1."

3. Mereka meminimalkan risiko
Tidak mungkin memiliki bisnis yang luar biasa sukses tanpa mengambil risiko, namun Buffett mengerti bahwa penting untuk mengurangi risiko tersebut semaksimal mungkin. Misalnya, Buffett selalu bersikeras bahwa Berkshire Hathaway menyimpan setidaknya US$ 20 miliar uang tunai sebagai jaring pengaman, kalau jika ada sesuatu yang terjadi.

4. Mereka memberikan kembali
Warren Buffett adalah salah satu dermawan terdepan di dunia, dan bahkan anak-anaknya pun didedikasikan untuk memberikan kembali kepada orang-orang. Sebenarnya, Buffett dan temannya Bill Gates bersama-sama memulai The Giving Pledge, yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan uang mereka untuk amal baik selama hidup mereka atau setelah kematian mereka.

"Jika Anda berada di paling beruntung 1% dari kemanusiaan, Anda berutang pada bagian kemanusiaan lainnya untuk memikirkan 99% lainnya," kata Buffett.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed