Follow detikFinance
Sabtu 17 Jun 2017, 03:40 WIB

Lakukan Keputusan Finansial Ini (2)

Stanley Christian - detikFinance
Lakukan Keputusan Finansial Ini (2) Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa waktu lalu sudah dibahas sedikit mengenai beberapa keputusan finansial yang harus segera dilakukan. Kali ini akan saya lanjutkan beberapa hal lagi, silakan disimak.

Memiliki Asuransi
Asuransi yang harus dimiliki setiap orang adalah asuransi kesehatan. Baik anak kecil hingga dewasa harus memiliki asuransi kesehatan. Kita semua tahu bahwa biaya kesehatan tidaklah murah, maka sangat perlu asuransi kesehatan ini, termasuk pemerintah yang cukup memberi perhatian dalam bidang kesehatan yaitu berupa BPJS Kesehatan.

Di sini saya akan coba gambarkan kebutuhan asuransi yang sederhana, yaitu asuransi kesehatan. Pengertian dari Asuransi adalah sebuah produk yang memberikan layanan perlindungan berupa menanggung biaya atas risiko yang kemungkinan bisa terjadi pada diri anda.

Jika suatu hari nanti anda sakit dan harus rawat inap atau tindakan medis lainnya, maka pihak asuransilah yang akan menanggung biaya pengobatan tersebut. Itulah yang harus anda pahami mengenai asuransi kesehatan.

Kita tak akan pernah tahu kapan kita akan mengalami risiko tersebut, oleh karena itu kita perlu untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin akan terjadi pada kita dengan cara memiliki asuransi.

Persiapkan Masa Pensiun
Bagi sebagian orang yang mendengar 'persiapkan masa pensiun dari sekarang' seperti sebuah candaan. Mereka merasa pensiun masih lama dan merasa aneh bila mempersiapkan pensiun dari sekarang.

Coba anda sadari satu hal, bahwa setiap kita memiliki batas produktivitas, baik dari sisi tenaga maupun usia. Maka dari itu, jangan persiapkanlah masa pensiun dari sekarang, bukan ketika produktivitas anda menurun, baru anda sadari bahwa perlu dana pensiun.

Mempersiapkan dana pensiun sangat penting bagi kita, terutama anda yang bekerja sebagai pegawai swasta, beda dengan PNS yang menerima uang pensiunan setiap bulan. Jangan merasa aneh walaupun anda masih muda, namun mempersiapkan masa tua nanti.

Dalam artikel sebelumnya sudah saya singgung mengenai 'berpikir jangka panjang', Maka ini merupakan salah satu jangka panjang yang ingin anda raih, yaitu hidup tenang dan tercukupi ketika tua. Bukan yang memprihatinkan dan menyusahkan orang di masa tua nanti. Ayo, jangan takut mempersiapkan masa tuamu dari sekarang.

Jangan berutang Konsumtif
Menjadi hal yang hampir mustahil dilakukan di zaman modern saat ini, apalagi dunia teknologi seperti gadget menjadi godaaan terbesar. Ini yang menjadi tantangan anda, apakah mampu mengontrol keinginan anda atau tidak.

Utang diperbolehkan untuk hal yang mendesak, namun ingat itu menjadi sebuah kewajiban yang harus anda bayar. Termasuk memiliki dan menggunakan kartu kredit. Bila anda merasa tidak bisa mengontrol keuangan anda dengan baik, hindari untuk memiliki kartu kredit. Jangan memiliki kartu kredit hanya untuk bergaya.

Lain hal bila anda ingin berutang untuk memiliki rumah (KPR). Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok dan semakin terbatasnya rumah, maka harga rumah juga meningkat. Tentu tidak semua orang dapat membeli secara tunai mengingat harga yang begitu besar, maka cara paling bijak adalah dengan KPR.

Anda tidak perlu takut dengan yang namanya KPR atau utang terhadap bank, selama niat anda memang benar (memiliki rumah) dan membayar setiap bulan, maka utang KPR bukanlah suatu masalah atau hal ditakuti namun menjadi salah satu sarana yang membantu anda untuk memiliki rumah.

Investasi Ilmu
Sedikit menyambung mengenai pensiun di atas, kita harus sadar mengenai keterbatasan tersebut yang artinya kita tidak selamanya akan bekerja. Maka tidak ada salahnya anda memiliki anggaran khusus untuk anda mengikuti kursus berbagai keahlian atau keterampilan yang bisa menjadi penunjang hidup anda di kemudian hari.

Anda mulai membaca buku, mengikuti kegiatan hingga berkumpul dengan komunitas yang sesuai passion anda.

Investasi ilmu ke mana lagi? Coba ikut workshop keuangan seperti yang ada untuk bulan depan (July) ada workshop di 2 kota yaitu Surabaya cek di sini dan di sini, atau di Jakarta dan seluruh info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com.

So itulah beberapa keputusan finansial yang bisa anda lakukan dengan segera. Jangan menunda lagi, karena sebuah perencanaan hanyalah tetap perencanaan sampai ada tindakan.

Happy Planning. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed