Follow detikFinance
Jumat 14 Jul 2017, 06:10 WIB

Ciri Orang Yang Terbelit Utang Kartu Kredit

Tung Desem Waringin - detikFinance
Ciri Orang Yang Terbelit Utang Kartu Kredit Foto: Reuters
Jakarta - Di samping cepat dan praktis, kartu kredit juga mampu membuat orang mendapatkan potongan harga, poin hadiah, atau gift menarik lainnya. Tetapi perlu diingat, penggunaan kartu kredit harus tepat. Walau mempunyai banyak fasilitas, kartu kredit bisa saja merugikan pengguna apabila tidak digunakan dengan bijak. Seperti tagihan kartu kredit yang terus membengkak.

Kebiasaan yang sering dilakukan pengguna kartu kredit juga dapat menimbulkan masalah keuangan. Berikut tipe-tipe orang yang dapat terbelit utang kartu kredit :

1. Orang yang suka menunda
Tipe seperti ini tidak dianjurkan untuk mempunyai kartu kredit, karena mereka sering menunda-nunda pekerjaan. Setiap waktu tertentu pihak bank akan mengirimkan tagihan kartu kredit dalam jangka waktu tertentu pada penggunanya. Hal ini haruslah dibayarkan pada waktu yang tepat. Orang-orang yang suka menunda pekerjaan dikhawatirkan akan menunda membayar tagihan kartu kredit. Jika ditunda-tunda, maka beban bunganya akan terus bertambah yang bisa mengakibatkan Anda kewalahan membayarnya.

2. Orang yang hanya mencari bonus kartu kredit
Menggunakan kartu kredit memang memiliki banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapat oleh penggunanya. Namun, bukan berarti hal ini merupakan faktor yang jadi fokus utama. Orang yang membuat kartu kredit hanya untuk mendapat bonus hanya akan mendapat kesulitannya tersendiri.

3. Orang yang ketergantungan kartu kredit
Walau menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi itu mudah,tapi kartu kredit tidak sebaiknya digunakan sebagai alat pembayaran utama. Jika Anda melakukan hal ini, tagihan kartu kredit bisa membengkak dan sulit untuk dibayar akibat bunga yang terus bertambah. Oleh karena itu, orang yang sudah ketergantungan kartu kredit tidak dianjurkan untuk memiliki kartu kredit yang banyak.

4. Orang yang tidak tahu penggunaan kartu kredit
Bagi orang yang tidak mengetahui penggunaan kartu kredit dengan tepat akan sangat berbahaya dan tidak dapat memanfaatkan kelebihan yang diberikan oleh pihak bank. Orang dengan tipe seperti ini sebaiknya tidak perlu memakai kartu kredit untuk bertransaksi.

Berikut adalah ciri–ciri orang yang dapat terbelit kartu kredit. Hindari pemakaian kartu kredit yang tidak tepat karena akan menimbulkan masalah finansial yang dapat membuat Anda bangkrut. Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed