Susah Menabung? Siasati Dengan Cara Ini

Tung Desem Waringin - detikFinance
Jumat, 11 Agu 2017 06:36 WIB
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Sebagian orang masih enggan untuk membiasakan diri untuk menabung, padahal menabung penting dalam keuangan. Jika Anda bertekad untuk mulai menabung, inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi penabung cerdas:

1. Pentingnya menabung
Memiliki simpanan uang tunai di tangan dapat membantu menggapai impian Anda, dan membuatnya menjadi kenyataan atau setidaknya sesuatu yang akan dicapai. Semakin cepat Anda berinvestasi dalam sesuatu, semakin cepat Anda akan menuai hasilnya.

2. Mulailah dari yang kecil
Setiap menerima uang sebaiknya Anda sisihkan, jangan terima uang langsung dihabiskan. Hindari kebiasaan boros membelanjakan semua uang Anda untuk memuaskan keinginan.

3. Menyisihkan uang sebelum membelanjakan
Seringkali yang menyebabkan orang tidak dapat menabung adalah gaya hidup yang besar. Idealnya jika Anda ingin mengeluarkan uang untuk berbelanja, buat tabungan yang memiliki periode penarikan tunai sesuai kebutuhan. Atau biarkan tabungan Anda tanpa dilengkapi kartu debit. Dengan cara itu, Anda dapat mengatur keluar-masuk keuangan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Menyingkirkan utang
Tidak semua utang buruk. Mendapatkan pinjaman memungkinkan Anda bisa mengakses kebutuhan yang lebih besar, seperti membeli rumah, yang bagi kebanyakan dari kita mungkin tidak akan terbeli secara tunai. Tetapi Anda harus menyisihkan uang ekstra setiap bulan untuk mencicil tagihannya. Pastikan Anda tidak menanggung utang lain yang tidak perlu.

Mari mulailah menabung, dan jamin kesejahteraan masa depan Anda mulai dari sekarang. Semoga Bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)