Follow detikFinance
Jumat 18 Aug 2017, 08:53 WIB

7 Hal Sebelum Membeli Mobil

Prita Ghozie - detikFinance
7 Hal Sebelum Membeli Mobil Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bulan Agustus adalah momen dilaksanakannya pagelaran otomatif terbesar di Indonesia. Untuk Anda yang berencana membeli kendaraan baru, keuangan pun sebaiknya menjadi pertimbangan. Nah, di bawah ini adalah tips yang saya sarankan untuk Anda yang ingin membeli mobil.

1. Tentukan Berapa Anggaran
Meski terlihat sepele, saya tekankan belilah mobil sesuai kemampuan finansial Anda. Mobil bukanlah investasi, tetapi bisa jadi modal bekerja. Jika Anda menjual mobil sebelumnya, jangan malas mencari penawar terbaik. Oleh sebab itu, sebelum menentukan jenis mobil, tentukan dulu berapa anggaran yang dimiliki.

2. Pilih Jenis dan Merek Mobil
Berdasarkan anggaran di atas, persempit pilihan mobil yang sanggup Anda beli. Sebaiknya lakukan riset dan pencairan melalui media koran, majalah, atau pun online. Lebih baik lagi jika Anda datang ke pameran otomotif sehingga dapat melakukan perbandingan fitur dari beberapa merek.

3. Hitung Biaya Total Kepemilikan Mobil
Pahami bahwa memiliki mobil artinya ada pos pengeluaran khusus setiap bulan. Biaya kepemilikan mobil bukan hanya harga beli, tetapi juga ada biaya asuransi, biaya bunga jika ada pinjaman, biaya pajak, biaya bensin, serta biaya servis beserta turunannya. Frekuensi pemakaian juga akan berpengaruh terhadap biaya kepemilikan mobil karena kilometer akan cepat bertambah. Nah, sudah sanggupkah anggaran bulanan diubah karena pembelian mobil?

4. Tentukan Beli Tunai atau Kredit
Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang optimal karena harga mobil akan turun, sedangkan pinjaman ada biaya bunganya. Jika Anda memang harus mengambil kredit, pastikan Anda punya dana awal minimal 30% yang bisa berasal dari penjualan mobil sebelumnya atau pun sudah ditabung. Cicilan pinjaman mobil juga batasi hanya sebesar 20% dari gaji bulanan. Terlebih untuk Anda yang masih punya KPR, jangan nekat ya.

5. Tentukan Fasilitas Pinjaman
Pinjaman pembelian kendaraan dapat berasal dari perusahaan leasing dan kredit bank. Secara umum, biaya bunga dan ketentuan pelunasan dipercepat lebih fleksibel melalui kredit bank. Namun, proses pengajuannya juga lebih rumit dibandingkan ke perusahaan leasing.

6. Kunjungi Beberapa Dealer
Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu bahwa setiap dealer punya mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan merek mobil yang akan dibeli, lakukan window shopping ke minimal 3 dealer. Mintalah diskon terbaik plus layanan tambahan lain seperti gratis aksesoris mobil, gratis kaca film, dan lainnya. Setiap dealer juga umumnya bekerja sama dengan perusahaan leasing atau kredit bank yang berbeda. Jika Anda punya pilihan yang lebih menarik, ajukan saja pinjaman dari institusi pilihan Anda.

7. Pilihlah Kombinasi yang Optimal
Mobil merupakan barang konsumsi yang akan dipergunakan dalam jangka di atas 1 tahun. Itu sebabnya, usahakan untuk melakukan test-drive agar Anda benar-benar puas dengan pilihan mobil. Jika Anda sudah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak untuk ikut memberikan pendapat dan suaranya.

Live a Beautiful Life! (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed