Follow detikFinance
Sabtu 26 Aug 2017, 08:05 WIB

Berkembangnya Acer Hasil Didikan Stan Shih

Tung Desem Waringin - detikFinance
Berkembangnya Acer Hasil Didikan Stan Shih Foto: detikINET/Yudhianto
Jakarta - Siapa yang tak tahu produk teknologi Acer? Brand Acer yang mengawali kesuksesan penjualannya dari perangkat komputer, kini telah memiliki pasar yang lebih luas di perangkat laptop dan mobile. Mungkin Anda sendiri juga merupakan salah satu pengguna produk Acer tersebut.

Negara Amerika Serikat (AS) sendiri merupakan negara yang berjaya atas pengembangan produk teknologi komputer. Seperti IBM, Apple, dan perangkat komputer lainnya.

Namun seiring berkembangnya zaman, Asia pun mengeluarkan brand-brand yang tak kalah saing seperti salah satunya yaitu Acer. Yang saat ini telah merambah ke dunia bisnis teknologi populer. Acer sendiri dirintis oleh Stan Shih.

Setelah lulus Universitas National Jiao Tong, pria yang memiliki nama Shi Zhenrong ini kemudian menikah dengan Carolyn Yeh. Setelah menikah mereka berdua sepakat untuk berbisnis dengan mendirikan Multitech pada 1976. Pada tahun 1987 Multitech kemudian diubah namanya menjadi Acer agar mudah diingat.

Dalam perjalanannya, perusahaan yang berbasis di Taiwan ini menghasilkan produk-produk seperti komputer, laptop, LCD, notebook dan smartphone. Meski merupakan produk Asia, namun saat ini Acer telah mampu menyaingi produk-produk merek ternama lain seperti IBM, Dell dan Hewlwett-Packard.

Pensiun Dini
Selama kurang lebih 28 tahun Stan Shih menjabat sebagai pemimpi Aver, akhirnya ia memutuskan untuk pensiun dini. Rencana ini menurutnya sudah direncanakan dengan sangat matang. Padahal di Tiongkok sendiri mempunyai sebuah tradisi di mana pengusaha tersebut akan bekerja keras tak peduli hingga usia berapa, asalkan ia masih sanggup menjalankannya.

Menurut Stan Shih bukan generasinya lah yang seharusnya masih meneruskan perjalanan bisnis itu. Malah menurutnya, kaum mudalah yang seharusnya lebih banyak berkreasi dalam meneruskan dan membangun bisnis Acer lebih baik lagi. Dengan berbagai ide dan inovasi yang sangat dibutuhkan perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan Acer Saat Ini
Berkat rintisan pengelolaan bisnis yang dipimpin oleh Stan Shih, kini Acer telah menjadi perusahaan raksasa dengan pemasaran yang menrangkul lebih dari 100 negara dan pekerja yang melebihi 39 ribu orang. Dengan pemasaran yang telah mencapai lebih dari 100 negara ini tak ayal kemudian jika pendapatan Acer mencapai US$ 12,9 miliar pada tahun 2012.

Beberapa tahun terakhir ini, pasaran Acer mengalami perubahan yang cukup menguntungkan dengan menurunnya permintaan di Amerika Utara namun meningkat drastis di Eropa. Hal ini diduga karena keikutsertaan Acer dalam mensponsori Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed