Follow detikFinance
Kamis 31 Aug 2017, 06:56 WIB

Pindah Kerja Asal-asalan Dapat Merugikan Keuangan Anda!

Bareyn Mochaddin - detikFinance
Pindah Kerja Asal-asalan Dapat Merugikan Keuangan Anda! Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Beberapa dari Anda mungkin pernah atau sedang memikirkan untuk pindah tempat kerja dengan apa pun alasannya. Bisa jadi karena berpindah-pindah kerja sedang menjadi tren, atau anda jenuh dan ingin tantangan baru, atau beberapa dari Anda mungkin berpikir untuk berpindah tempat kerja karena adanya kesempatan (atau tawaran) dari perusahaan lain di mana di tempat baru tersebut Anda akan mendapatkan apa yang tidak Anda dapatkan di tempat kerja Anda saat ini.

Tidak ada yang salah dengan keinginan yang Anda miliki. Karena sama seperti perusahaan yang bisa memecat Anda kapan saja, Anda juga memiliki hak untuk berpindah perusahaan kapan pun Anda mau. Namun, harus Anda pahami bahwa ketika Anda berpindah perusahaan, dibutuhkan penyesuaian di berbagai sisi kehidupan dan keuangan Anda.

Disadari atau tidak, bagi Anda yang bekerja kantoran, sebagian besar hidup Anda dihabiskan di kantor. Delapan jam sehari; lima dari dalam seminggu; dua puluh hari dalam satu bulan Anda habiskan di kantor (bahkan beberapa lebih dari ini). Bila Anda memutuskan untuk pindah, otomatis kebiasaan di kantor sebelumnya harus Anda ubah dan tinggalkan, lalu Anda ganti dengan kebiasaan di kantor baru Anda.

Seperti pepatah bilang, 'sekecil apapun perubahan akan berdampak bagi kehidupan', mungkin bukan pada kehidupan bagi seluruh umat manusia tapi setidaknya akan sangat berdampak bagi kehidupan Anda dan keluarga Anda. Misal, sebelumnya di kantor Anda tidak ada gerai kopi internasional asal Amerika, lalu di kantor Anda saat ini tersedia, biasanya pengeluaran 'ngopi' Anda akan bertambah karena adanya gerai kopi asal Amerika tersebut, artinya bertambah pula pengeluaran Anda.

Maka, bila Anda mendapat tawaran untuk pindah kerja, atau Anda sendiri yang memiliki keinginan untuk pindah tempat kerja, baiknya pertimbangkan dengan matang keinginan Anda ini. Kenapa? Karena pindah kantor bukan hanya pindah dan memilih penghasilan yang lebih baik, tapi pindah kantor artinya mengubah kebiasaan dan juga banyak hal lainnya yang tidak disadari akan berdampak langsung pada keuangan Anda.

Sehingga, bila Anda ingin pindah kantor baiknya pikirkan dan pertimbangkan dengan matang keputusan Anda tersebut. Jangan hanya memikirkan alasan Anda untuk pindah kantor, tapi pikirkan juga apa dampaknya bagi diri Anda. Terutama, dampak yang akan mempengaruhi keuangan Anda. Bila yang Anda pertimbangkan hanya besaran gaji, maka itu belum paripurna dan bisa berdampak kerugian bagi Anda.

Boleh setuju boleh juga sekata, berikut pertimbangannya bagi Anda:

Pertama, lokasi kantor. Jauh-dekat jaraknya dari tempat tinggal Anda akan sangat berpengaruh terhadap pengeluaran transportasi Anda setiap bulan. Ingat, Anda pergi ke kantor setiap hari, bila ke kantor lama membutuhkan ongkos sebesar Rp 25.000 per hari dan ke kantor baru Anda membutuhkan Rp 50.000 per hari artinya Anda mengalami kenaikan kebutuhan dua kali lipat! Apakah kantor baru Anda menawarkan gaji dua kali lipat lebih besar?

Selain ongkos, hal yang harus Anda pertimbangkan dari lokasi kantor adalah gedung kantornya itu sendiri. Apakah kantor baru Anda merupakan gedung perkantoran atau terletak bersebelahan dengan mal, atau bahkan menyatu dengan mal? Hal ini menjadi penting karena bila kantor Anda bersebelahan/menyatu dengan mal, biasanya pengeluaran Anda untuk makan siang bertambah tanpa Anda sadari.

Kedua, asuransi kesehatan. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena menyangkut dengan perlindungan Anda dan keluarga. Jangan dulu tergiur dengan gaji yang besar tapi di sisi lain kantor baru Anda tidak memberikan asuransi kesehatan yang sama atau lebih baik dari kantor Anda sebelumnya. Dengan tidak adanya asuransi kesehatan dari kantor, artinya Anda harus memiliki asuransi secara mandiri.

Misalnya, di kantor Anda saat ini disediakan asuransi untuk Anda, pasangan dan anak, sedangkan di kantor Anda yang baru hanya disediakan asuransi kesehatan untuk Anda sebagai pekerja. Maka, Anda harus membeli asuransi kesehatan lagi secara mandiri untuk melindungi pasangan dan anak Anda. Bisa jadi, pada akhirnya jumlah uang yang Anda nikmati sama saja dengan jumlah take home pay Anda di perusahaan sebelumnya.

Ketiga, fasilitas tempat kerja, apapun bentuknya. Fasilitas kantor ini bukan hanya yang terlihat dan berwujud secara nyata seperti tempat olahraga, kafe gratis, atau ruangan khusus untuk berleha-leha. Tapi, fasilitas kantor seperti pinjaman untuk membeli rumah atau kendaraan bagi karyawan bisa Anda pertimbangkan bila Anda akan berpindah tempat kerja.

Jangan sampai, keputusan Anda untuk pindah kerja malah merugikan Anda secara finansial. Contohnya, (ternyata) kantor Anda saat ini memberikan pinjaman bagi karyawan untuk kredit pemilikan rumah dengan bunga yang sangat rendah, bisa saja hal ini lebih menguntungkan bagi Anda dibanding dengan pindah kantor dengan gaji lebih besar tapi tidak ada fasilitas seperti ini bagi karyawannya.

Apakah di tempat kerja baru memberikan pinjaman dengan bunga rendah bagi karyawannya? Apa Anda belum tahu ada fasilitas seperti ini di kantor tempat Anda bekerja? Mungkin ini saat yang tepat untuk mencari tahu fasilitas apa saja yang tersedia di kantor anda.

Dan saat yang tepat juga untuk mulai belajar mengelola keuangan dan investasi agar tidak salah. Ke mana bisa belajar? Untuk workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Meski demikian, semua kembali pada Anda. Anda yang bekerja, Anda yang memilih pekerjaan Anda, Anda yang bersenang-senang di tempat kerja Anda. Hanya saja, hal penting yang harus diperhatikan bila akan berpindah-pindah kerja adalah hal-hal yang mendukung keuangan Anda. Maka, teliti dulu sebelum pindah kerja, jangan sampai pindah kerja malah merugikan keuangan Anda, karena pindah kerja (kemungkinan besar) akan mengubah gaya hidup Anda.

Chao! (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed