Follow detikFinance
Jumat 01 Sep 2017, 08:20 WIB

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Uang dan Penganggaran

Tung Desem Waringin - detikFinance
5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Uang dan Penganggaran Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menjawab lima pertanyaan keuangan pribadi Anda:

1. Bagaimana saya harus melacak pengeluaran pribadi saya?
Cara termudah untuk melacak pengeluaran Anda, terutama uang tunai Anda, adalah dengan sebuah buku catatan dan sebuah pena. Dengan membawa buku catatan, Anda benar-benar dapat melacak dengan tepat kapan, di mana, dan untuk apa Anda membelanjakan uang yang Anda keluarkan. Anda juga bisa mencatat semua pengeluaran Anda agar lebih rapi pada spreadsheet. Ini dapat digunakan sebagai backup pengeluaran keuangan Anda jika memang buku yang Anda gunakan rusak, tertinggal, hilang, atau lain sebagainya.

2. Laporan keuangan apa yang harus dimiliki keluarga saya?
Setiap keluarga harus meluangkan waktu untuk melacak kemajuan keuangan mereka, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengembangkan beberapa laporan keuangan yang akan Anda perbarui setiap bulan atau setengah tahunan. Laporan ini mencakup anggaran keluarga dan neraca.

3. Kapan saya membuat dan memperbaharui anggaran pribadi saya?
Individu harus mulai melakukan penganggaran biaya dan pelacakan segera setelah mereka memulai pekerjaan purnawaktu pertama mereka. Cek kembali anggaran Anda setiap beberapa bulan sekali, dan kapan terjadi perubahan kehidupan yang signifikan, seperti kenaikan gaji, pernikahan, kelahiran anak-anak.

4. Apa profesional keuangan yang harus saya pertimbangkan untuk membantu mengelola keuangan pribadi saya?
Jika Anda merasa perlu bantuan dengan keuangan Anda, profesional seperti penasihat pajak, penasihat kredit, perencana keuangan, dan pengacara dapat membantu. Sebelum bekerja dengan profesional keuangan, pastikan untuk memeriksa identitasnya. Anda dapat memilih untuk bertanya kepada teman dan keluarga Anda apakah mereka memiliki mitra keuangan terpercaya yang mereka rekomendasikan. Ajukan pertanyaan spesifik tentang sejarah dan bidang keahlian mereka. Akhirnya, pastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan penasihat yang Anda pilih; Idealnya, Anda akan menjadi mitra keuangan seumur hidup.

5. Mengapa neraca pribadi penting?
Neraca menghitung nilai bersih Anda dengan membandingkan aset keuangan Anda (apa yang Anda miliki) dengan kewajiban keuangan Anda (Berapa hutang Anda). Perbedaan antara keduanya adalah kekayaan bersih pribadi Anda. Jangan berkecil hati jika kekayaan bersih Anda negatif - perlu diingat bahwa ini seharusnya merupakan penggambaran situasi keuangan Anda yang akurat. Menetapkan tujuan jauh lebih mudah setelah Anda tahu berapa nilai bersih Anda saat ini.

Bagaimana Kaya Secara Aman di Tahun 2017 ke 2018 ini? Ada 5 Jurus Kecerdasan Keuangan yg Selalu Saya Share Diseminar. Saya Rangkuman Kepada Anda Dalam eBook. Seperti Anda Tahu Seminar Financial Revolution dari Saya, Tiketnya Seharga Rp 5.800.000 s/d Rp 1.500.000. Sekarang rangkumannya bisa Anda Baca untuk pembaca setia detikFinance akan GRATIS. Silahkan Download Rangkumannya Sekarang, Klik di Sini. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed