Follow detikFinance
Senin 04 Sep 2017, 06:39 WIB

Yang Mestinya Sudah Dimiliki Ketika Usia 40

Stanley Christian - detikFinance
Yang Mestinya Sudah Dimiliki Ketika Usia 40 Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Waktu berjalan terus, usia pun terus bertambah, apakah anda masih banyak melakukan pemborosan yang tidak jelas? Atau masih sering nongkrong dan party? Itu semua tidak dilarang kok, karena anda tetap butuh hiburan, tapi apakah anda sudah mempunyai pos-pos keuangan yang seharusnya anda miliki?

Ketika anda masuk usia 40 tahun seharusnya anda sudah memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Anda sudah terbiasa mengalokasikan pada pos-pos keuangan. Dengan kebiasaan yang sudah terbentuk dari dini, alur keuangan anda semakin jelas dan target-target keuangan bisa tercapai. Selain itu anda juga sudah bisa mengontrol utang. Tidak lagi sembarang mengambil utang.

Utang itu bukan sesuatu yang negatif, selama penggunaan yang jelas/produktif dan anda disiplin dalam membayar. Banyak kok para pengusaha yang sukses memulai usahanya dengan bantuan utang. Maka dalam tahap ini, kedewasaan anda dalam menyikapi utang semakin diuji. Anda sudah sangat paham, utang seperti apa yang boleh diambil dan dihindari.

Yang tidak kalah ketinggalan adalah dana darurat anda masih ada dan cukup. Ya dana darurat selalu penting berapa pun usia anda. Jadi bukan karena usia anda bertambah dan anda sudah cukup nyaman dengan posisi anda, lantas dana darurat dikurangi atau ditiadakan. Itu tidak boleh ya. Dana darurat anda harus siap bila kondisi tak terduga itu datang. Sama halnya dengan asuransi kesehatan. Ini salah satu yang wajib masih anda miliki hingga kapan pun usia anda.

Kita tidak pernah tahu sakit kapan dan seperti kita ketahui bersama bahwa biaya rumah sakit itu mahal lho, maka dengan asuransi kesehatan, kita dapat meminimalisir risiko tersebut (dari sisi biaya). Apalagi bila anda adalah kepala keluarga atau tulang punggung keluarga, asuransi jiwa juga tidak boleh terlewatkan. Dulu ketika muda, anda memang belum butuh asuransi jiwa, tapi beda hal dengan keadaan saat ini di mana anda sudah berkeluarga dan ada anak istri yang menjadi tanggungan anda. Jangan sampai salah anda menyiapkan asuransi jiwa, baik dari perhitungan kebutuhan anda dan produk yang anda ambil. Proteksi itu penting dan sebagai salah satu tanda anda peduli terhadap keluarga anda.

Dengan usia anda yang sudah dewasa tersebut, seharusnya untuk pos tempat tinggal tidak perlu dipertanyakan lagi, karena tentunya anda sudah menempatinya dari 10 tahun yang lalu, baik itu sudah lunas beberapa tahun lalu atau masih KPR hingga beberapa tahun lagi. Yang selanjutnya bisa anda lakukan adalah mencari properti kembali untuk disewakan atau menjadi tempat tinggal idaman anda saat hari tua. Itu semua harusnya sudah anda rencanakan dan anda sudah memulai pos investasi anda. Di usia 40 tahun, anda sudah bisa mengevaluasi hasil investasi selama ini, yang seharusnya sudah berjalan di atas 10 tahun.

Pos-pos tujuan keuangan mana yang sudah tercapai dan belum tercapai. Anda bisa menyesuaikan kembali tujuan keuangan anda serta merencanakan ulang tujuan keuangan anda. Dan jangan sampai lupa pula bahwa anda sudah menyiapkan dana pensiun anda. Tidak hanya mengandalkan uang pensiun atau uang pesangon dari kantor saja, tapi anda harus menyiapkan juga untuk anda sendiri. Bila di usia saat ini anda masih belum memikirkan biaya pensiun, saran saya, segera bentuk pos dana pensiun, jangan sampai terlewatkan. Jangan sampai anda tersadar ketika sudah usia 50 tahun dan diberikan training keuangan untuk masa persiapan pensiun lalu anda terkaget-kaget. Maka sebelum itu terjadi, anda bisa menyiapkan dari sekarang dan semoga anda sudah menyiapkan dari beberapa tahun lalu.

Nahh, anda mestinya sudah memiliki hal tersebut ya, apalagi anda yang masuk usia 40 tahun. Dengan demikian anda sudah mandiri finansial atau tidak bergantung lagi pada orang lain. Syukur-syukur anda sudah memberikan atau membantu saudara yang membutuhkan. Tidak hanya untuk diri anda sendiri atau keluarga anda sendiri, tapi bisa bermanfaat untuk orang lain.

Mau tahu secara detil tentang hal-hal yang sudah saya bahas di atas? Coba deh ikutan beberapa workshop kelas yang kami rekomendasikan, Untuk workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Bagi anda yang sudah masuk usia 40 tahun, namun ada beberapa hal yang belum dimiliki seperti di atas, jangan menyerah begitu saja. Masih ada waktu untuk segera menyiapkannya. Terus berjuang dan jangan berhenti sampai di sini agar kita semua dapat mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.
Happy Planning. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed