Follow detikFinance
Jumat 08 Sep 2017, 06:49 WIB

4 Prinsip Uang yang Perlu Anda Ketahui

Tung Desem Waringin - detikFinance
4 Prinsip Uang yang Perlu Anda Ketahui Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Meskipun keuangan seharusnya tidak menjadi prioritas tertinggi dalam hidup kita, tapi uang memainkan peran utama dan kita perlu melihatnya sebagai sebuah alat.

Uang adalah alat yang tergantung bagaimana kita menggunakannya, bisa membawa banyak kegembiraan bagi hidup kita atau bisa membawa kehancuran. Kita perlu menyadari semua kemungkinan yang ditawarkannya dan juga jebakannya. Beberapa hal yang paling menakjubkan telah dilakukan karena orang memiliki sumber keuangan untuk mendanai bisnis yang telah mereka bangun.

John Wesley berkata, "Dapatkan semua yang Anda bisa, selamatkan semua yang Anda bisa dan berikan yang Anda bisa." Seseorang yang melihat kekuatan hebat untuk mendapatkan uang dapat lebih mungkin menjaga keseimbangan kehidupan mereka sendiri dengan mengejar disiplin penghasilan. Tabungan dan pemberian yang bersama-sama menciptakan ketegangan dan keseimbangan yang sempurna.

Tapi kita juga harus ingat bahwa uang itu memiliki sisi yang menggoda dan mengatakan bahwa itu akan menyelesaikan semua masalah Anda. Sangat menyenangkan memiliki banyak uang - sepanjang hidup yang seimbang dan Anda tetap berpegang pada perspektif yang benar.

Inilah 4 hal yang harus Anda pahami untuk mencapai kebebasan finansial:

1. Kembangkan pola pikir yang benar
Ketika berutang, satu-satunya pola pikir adalah salah satu oposisi yang kejam. Kita perlu melihat utang sebagai musuh kehidupan finansial kita. Jika kita mulai mengatakan, "Ada sedikit utang di sini dan mungkin sedikit utang di sana," kita akan segera melihat banyak utang di mana-mana. Dengan cara yang sama uang dapat menguatkan secara positif saat kita menabung dan berinvestasi, utang juga bisa berlipat ganda dan mendorong Anda lebih dalam lagi berutang setiap bulannya. Pola pikir yang benar adalah bahwa kita perlu keluar dari utang dan menghindari utang. Apakah ini pola pikir Anda?

2. Mendapat lebih banyak pemahaman
Beberapa orang tidak tahu berapa banyak utang yang sebenarnya mereka miliki. Beberapa orang tidak tahu apakah mereka memiliki kekayaan bersih positif atau negatif. Anda tidak bisa merencanakan masa depan Anda jika Anda tidak tahu di mana Anda saat ini berada. Anggap saja begini, katakanlah Anda ingin mengunjungi seorang teman dan membutuhkan arahan untuk sampai ke rumahnya. Saat Anda bertanya kepada seseorang tentang petunjuk arah, dia akan menanyakan dari mana Anda berasal. Biasanya, Anda akan memberi tahu dia tentang kota atau alamat Anda, dan dia kemudian akan memberikan Anda petunjuk bagaimana menuju ke sana dari tempat Anda berada. Bayangkan, bagaimana pun, jika Anda mengatakan kepadanya bahwa Anda tidak tahu di mana Anda berada? Dia tidak bisa memberi petunjuk kepada Anda karena dia tidak tahu apakah akan menyuruh Anda untuk pergi ke utara atau selatan, timur atau barat.

3. Carilah bantuan
Saat Anda sakit, Anda pergi ke dokter. Bila ingin memperbaiki olahraga, Anda mendapatkan pelatih. Bila Anda berutang, Anda perlu mencari pertolongan. Bergantung pada jumlah utang yang Anda miliki, Anda harus mencari berbagai tingkat bantuan. Jika Anda memiliki utang kartu kredit senilai US$ 2.000 sampai US$ 5.000, mungkin Anda memerlukan bantuan seorang teman untuk mengatasi hal itu. Jika, di sisi lain, Anda terlalu banyak berutang, misalnya US$ 50.000 dalam utang kartu kredit, Anda mungkin perlu bantuan penasihat keuangan yang dapat membantu kreditur Anda. Jangan biarkan harga diri Anda menghalanginya. Setiap orang membutuhkan pertolongan, dan orang bijak mendapatkan pertolongan saat mereka membutuhkannya. Jika Anda memiliki utang dan butuh bantuan untuk mengelolanya, mintalah bantuan. Masa depan Anda bergantung padanya.

4. Dapatkan kontrol
Pikirkan konsep utang sebentar, terutama tindakan spesifik untuk beralih ke utang untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan tapi tidak memiliki dana untuk membayarnya.

Intinya adalah masalah kontrol. Dapatkah Anda mengendalikan desakan Anda? Atau, lebih tepatnya, apakah Anda akan dapat mengendalikan dorongan Anda? Maukah Anda mengendalikan hidup Anda? Maukah Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda dan memutuskan sendiri bahwa Anda tidak akan lagi membeli secara kredit dan menggali lebih dalam utang, membahayakan masa depan keuangan Anda?

Dalam hal ini, pepatah mengatakan "Pengetahuan adalah kekuatan". Ada kekuatan untuk mengetahui di mana Anda berdiri secara finansial, karena pada saat itulah Anda dapat memetakan masa depan keuangan Anda!

Masa depan keuangan Anda bisa luar biasa; Itu bisa menjadi apapun yang Anda inginkan. Bagian dari warisan yang dapat Anda tinggalkan adalah independen secara finansial, namun akan melibatkan beberapa pencarian jiwa yang mendalam dan beberapa keputusan sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda inginkan di luar kehidupan. Salah satu masalah pertama yang harus Anda hadapi adalah utang. Jika Anda tidak memiliki utang, itu fantastis. Jika Anda melakukannya, hidup tidak berakhir untuk Anda; Anda masih bisa mencapai apapun yang Anda inginkan, tapi hanya jika Anda membuat komitmen untuk mengalihkan prioritas Anda.

Itulah beberapa prinsip keuangan yang harus Anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Kaya Secara Aman di Tahun 2017 ke 2018 ini? Ada 5 Jurus Kecerdasan Keuangan yang Selalu Saya Share di Seminar. Saya Rangkuman Kepada Anda Dalam eBook. Seperti Anda Tahu Seminar Financial Revolution dari Saya, Tiketnya Seharga Rp 5.800.000,- s/d Rp 1.500.000,-. Sekarang rangkumannya bisa Anda Baca untuk pembaca setia detikFinance akan GRATIS. Silahkan Download Rangkumannya Sekarang, Klik di Sini. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed