Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 06:50 WIB

Cara Menolong Orang Tua Dalam Mengatur Keuangan

Tung Desem Waringin - detikFinance
Cara Menolong Orang Tua Dalam Mengatur Keuangan Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menganalisis situasi keuangan orang tua Anda
Saat membantu orang tua dengan keuangan mereka, langkah pertama adalah memahami dengan tepat situasi keuangan mereka saat ini. Diskusi ini lebih mudah jika orang tua Anda tinggal dekat dengan Anda, tapi terlepas dari tempat tinggal mereka, bicaralah dengan mereka tentang keuangan mereka secara langsung.

Pahami apa tagihan yang dimiliki orang tua Anda dan apakah pembayarannya tepat waktu, juga berapa tabungan dan pendapatan mereka. Jika semuanya beres dan orang tua Anda tidak kewalahan mengurus barang sendiri, Anda mungkin hanya perlu memeriksanya secara berkala.

Namun, jika orang tua Anda mengalami kesulitan keuangan, sangat penting untuk mengidentifikasi masalah dan bekerja menuju solusi. Tentukan apakah masalahnya dengan arus kas, atau dengan pekerjaan yang dibutuhkan untuk benar-benar membayar tagihan. Ini adalah dua masalah yang sangat berbeda, dengan solusi yang sangat berbeda.

Bila masalahnya kurang berarti finansial
Jika orang tua Anda tidak memiliki sarana keuangan untuk menutupi tagihan mereka, Anda harus mempertimbangkan beberapa opsi, seperti menjual rumah mereka atau mengambil hipotek terbalik. Ada juga bantuan keuangan untuk manula yang tersedia. Dewan Nasional Penuaan telah membuat situs yang menawarkan informasi tentang manfaat yang tersedia bagi manula. Lihatlah ke semua pilihan sebelum memilih yang terbaik untuk keluarga Anda.

Bila masalahnya adalah pekerjaan yang dibutuhkan untuk membayar tagihan
Orang tua Anda mungkin memiliki sarana keuangan untuk menutupi tagihan mereka, namun dapat mengalami kesulitan dengan jumlah organisasi dan pekerjaan yang dibutuhkan untuk membayar tagihan mereka dan mengelola investasinya dengan tepat. Jika demikian, Anda atau anggota keluarga lainnya mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil alih pembayaran tagihan. Anda bisa mengatur tagihan otomatis membayar sebagian besar tagihan, dan membayar sendiri yang lainnya. Untuk saran keuangan, pertimbangkan untuk menyewa seorang perencana keuangan pribadi.

Terlepas dari situasi dan solusi saat ini, Anda atau anggota keluarga lainnya perlu terus menilai posisi keuangan orang tua Anda, karena hal itu bisa berubah bahkan dalam waktu singkat. Menjaga jalur komunikasi terbuka adalah cara terbaik untuk memastikan Anda membantu mengelola situasi mereka, dan menghindari hukuman finansial dari keterlambatan pembayaran.

Semoga bermanfaat.

Bagaimana Kaya Secara Aman di Tahun 2017 ke 2018 ini? Ada 5 Jurus Kecerdasan Keuangan yang Selalu Saya Share di Seminar. Saya Rangkuman Kepada Anda Dalam eBook. Seperti Anda Tahu Seminar Financial Revolution dari Saya, Tiketnya Seharga Rp 5.800.000,- s/d Rp 1.500.000,-. Sekarang rangkumannya bisa Anda Baca untuk pembaca setia detikFinance akan GRATIS. Silakan Download Rangkumannya Sekarang, Klik di Sini. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed