Follow detikFinance
Selasa 03 Oct 2017, 06:46 WIB

4 Kebiasaan Finansial Orang dengan Skor Kredit Sempurna

Tung Desem Waringin - detikFinance
4 Kebiasaan Finansial Orang dengan Skor Kredit Sempurna Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Skor kredit Anda bisa menjadi paspor keuangan Anda untuk mendapatkan persetujuan pinjaman atau kartu kredit, menyewa apartemen atau bahkan mendapatkan pekerjaan. Jadi penting untuk mengetahui perilaku seperti apa yang dapat membantu Anda membangun kredit yang bagus.

Jadi, apa yang dilakukan orang dengan kredit yang bagus?

1. Mereka membayar tagihan tepat waktu
Melakukan pembayaran tepat waktu adalah salah satu cara terpenting untuk membangun kredit yang baik. Data Experian mendukung gagasan ini, menunjukkan bahwa 100 persen konsumen super prima dan 97 persen orang dengan prime credit tidak menerima pembayaran terlambat atas laporan kredit mereka.

Takeaway: Biasakan membayar tepat waktu, setiap saat. Jika Anda memiliki tagihan nakal, itu akan membuat Anda terperangkap secepat mungkin. Pembayaran terlambat bisa bertahan sampai tujuh tahun, tapi riwayat pembayaran terakhir Anda memiliki efek lebih besar terhadap nilai Anda.

2. Mereka menjaga saldo kartu kredit mereka rendah
Berapa banyak utang yang Anda bawa pada kartu kredit Anda relatif terhadap kredit Anda yang tersedia - yang juga dikenal sebagai pemanfaatan kredit - adalah indikator bagus tentang seberapa mudah Anda dapat melakukan pembayaran utang Anda. Meskipun biasanya dianjurkan untuk mempertahankan utilisasi Anda di bawah 30 persen, semakin rendah semakin baik. Misalnya, konsumen utama memiliki utilisasi rata-rata 30 persen, sedangkan super prime credit tier rata-rata hanya 8 persen.

Takeaway: Perusahaan kartu kredit biasanya melapor ke biro kredit sebulan sekali, jadi cara yang baik untuk mengurangi penggunaan kredit Anda adalah dengan mengetahui kapan penerbit menerbitkan informasi Anda dan melakukan pembayaran sebelum tanggal tersebut. Pilihan lainnya adalah melakukan pembayaran lebih dari sebulan sekali.

3. Mereka jarang mengajukan kredit
Setiap kali Anda mengajukan kredit, ini akan menghasilkan penyelidikan keras atas laporan kredit Anda, yang dapat memberi Anda skor. Hanya 31 persen orang dengan kredit super prima dan 38 persen orang dengan prime credit mengalami penyelidikan keras atas laporan mereka pada tahun lalu. Memiliki beberapa pertanyaan kredit dalam waktu singkat mungkin memberi sinyal bahwa Anda berjuang secara finansial dan menggunakan kredit untuk bertahan, atau Anda hidup di luar kemampuan Anda.

Takeaway: Terapkan untuk kredit hanya bila Anda membutuhkannya. Usahakan membatasi aplikasi setiap enam bulan agar aman.

4. Mereka memiliki kesabaran
Pemberi pinjaman cenderung menganggap Anda peminjam berisiko jika Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki sejarah kredit. Semakin lama Anda menggunakan kredit, semakin mudah bagi mereka untuk mengukur seberapa besar Anda bertanggung jawab. Rata-rata, konsumen super prima membuka rekening kredit tertua mereka 27 tahun yang lalu, sementara konsumen utama mulai menggunakan kredit 19 tahun yang lalu.

Takeaway: Meskipun panjang riwayat kredit Anda tidak sepenting riwayat pembayaran atau penggunaan kredit Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjaga agar kartu kredit lama tetap terbuka dan menggunakannya secara teratur dan bertanggung jawab.

Tidak ada skema get-excellent-credit-quick. Sebaliknya, penting untuk menetapkan kebiasaan kredit ini dalam jangka panjang. Kabar baiknya adalah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kredit Anda. Sementara tanda negatif mungkin tetap ada dalam laporan Anda selama bertahun-tahun, kebiasaan baik baru-baru ini biasanya membayangi yang buruk lama.

Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed