Follow detikFinance
Kamis 05 Oct 2017, 07:22 WIB

Buatlah Pengaman Keuangan Anda Sendiri

Tung Desem Waringin - detikFinance
Buatlah Pengaman Keuangan Anda Sendiri Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Jika Anda ingin mencapai keamanan finansial, pertimbangkan dana darurat untuk jaring pengaman Anda. Umumnya, rekening tabungan darurat adalah tujuan tabungan pertama yang harus dimiliki keluarga. Sementara membangun dana darurat dapat terasa penuh tekanan atau berat, begitu Anda memiliki jumlah yang cukup tersimpan dalam tabungan, Anda akan memiliki ketenangan pikiran karena mengetahui jaring pengaman Anda ada pada tempatnya.

Kenapa Anda butuh dana darurat?
Dana darurat adalah bantal tabungan yang tersedia untuk Anda jika berada dalam keadaan darurat keuangan. Ada banyak situasi di mana Anda mungkin perlu bergantung pada dana darurat Anda, termasuk kehilangan pekerjaan atau pengurangan pendapatan lainnya, keadaan darurat kesehatan, perbaikan mobil, dan perbaikan rumah. Jika keadaan darurat finansial ini terjadi pada Anda, dana darurat dapat mencegah Anda jatuh ke dalam utang.

Hemat biaya hidup tiga sampai enam bulan
Untuk menghemat dana darurat, Anda harus tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan. Sebagian besar ahli keuangan merekomendasikan agar Anda menghemat biaya hidup sekitar tiga sampai enam bulan. Jika Anda memiliki pekerjaan yang kurang stabil, wiraswasta, atau merasa perlu menggunakan dana darurat lebih cepat, pertimbangkan untuk menabung jumlah yang lebih besar.

Pilihlah rekening tabungan yang tepat
Dana darurat harus disimpan dalam akun jangka pendek berisiko rendah. Meskipun mungkin Anda tergoda untuk memasukkan dana ini ke dalam bagian dari finansial dengan imbalan hasil yang tinggi, menjaga agar dana Anda tetap berada dalam akun berisiko rendah akan memastikan bahwa uang Anda mudah diakses dalam keadaan darurat keuangan. Namun, jangan menyimpan dana di rekening tabungan atau rekening giro standar Anda. Tidak hanya akan membuat mereka terlalu mudah diakses, Anda juga akan mendapatkan tingkat bunga rendah. Dana pasar uang sangat bagus untuk dana darurat karena mereka berisiko rendah dan mendapatkan hasil yang lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa.

Jadikan dana darurat Anda menjadi prioritas utama Anda
Begitu Anda memiliki tujuan, saatnya untuk mulai menabung. Bagi banyak orang, menabung untuk dana darurat harus menjadi tujuan keuangan terbaik, bahkan di atas tabungan pensiun dan kuliah. Tentukan berapa banyak uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya, dan jika akun pasar uang Anda mengizinkannya, siapkan investasi periodik otomatis setiap bulan sehingga Anda tidak akan lupa untuk mentransfer uang tersebut ke dana darurat Anda.

Begitu Anda memiliki dana darurat, jangan sentuh kecuali keadaan darurat finansial yang sebenarnya. Ingatlah bahwa uang ini bukan untuk liburan, pembelian besar, atau "keinginan" lainnya. Jika Anda perlu menggunakan dana darurat, mulailah rencana penghematan baru untuk mengisi kembali segera keuangan Anda.

Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed