Follow detikFinance
Rabu 25 Oct 2017, 06:51 WIB

Liburan Hemat Tapi Asyik, Memang Bisa?

Meydian Eka Rini - detikFinance
Liburan Hemat Tapi Asyik, Memang Bisa? Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - 'Work hard, play hard'. Setiap hari kita berkutat dengan pekerjaan kita, ada kalanya kita harus travelling supaya pikiran kita tidak jenuh. Dewasa ini travelling menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat yang merasa penat dengan rutinitas pekerjaan. Untuk traveling tidak ada salahnya apabila kita mempunyai anggaran khusus dengan cara mengalokasikan beberapa persen dari gaji atau pendapatan kita.

Bagi anda yang berprofesi sebagai karyawan dan sudah memiliki rencana untuk travelling, tentunya akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur, karena biasanya anda masih memiliki jatah cuti yang masih tersedia.

Bagi anda yang sering ber-travelling ria atau pun anda yang masih pemula pastinya paham tentang biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Ada biaya transportasi, biaya penginapan,biaya makan, biaya masuk tempat rekreasi, biaya untuk oleh-oleh dan biaya-biaya tak terduga yang terjadi pada saat travelling. Rincian biaya travelling ternyata banyak sekali dan jangan sampai biaya-biaya ini mengganggu cashflow bulanan anda. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Sediakan anggaran khusus untuk travelling
Bagi anda yang hobi travelling, maka hukumnya wajib menyediakan anggaran khusus untuk travelling. Mengapa demikian? Supaya tidak mengganggu pos-pos lainnya. Anda bisa juga memanfaatkan promo kartu kredit misalnya untuk tiket pesawat, kamar hotel akan tetapi jangan lupa untuk segera melunasinya. Jangan sampai tagihan anda membludak gara-gara travelling.

Rencanakan travelling minimal 6 bulan sebelumnya
Strategi ini bisa digunakan untuk mencari tiket promo pesawat, promo booking hotel sehingga kita bisa membuat estimasi anggaran biaya travelling. Selain itu anda juga bisa googling tempat wisata yang akan anda kunjungi. Dengan begitu anda bisa memaksimalkan tempat wisata yang nantinya akan anda kunjungi. Tanpa time schedule maka bisa jadi anda menjadi tidak fokus pada alokasi waktu sehingga tidak semua tempat wisata bisa anda kunjungi. Sayang sekali anda sudah mengeluarkan biaya besar atau anda sudah mengambil cuti panjang akan tetapi anda tidak bisa mengunjungi semua tempat wisata yang sduah anda agendakan.

Miliki asuransi perjalanan
Sayangnya banyak sekali traveller yang tidal memiliki asuransi perjalanan bahkan kita cenderung mengabaikannya padahal banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita memiliki asuransi perjalanan. Kita sudah merasa tubuh kita sehat dan tidak akan terjadi sesuatu yang buruk selama di perjalanan, sehingga kita ber-travelling ria tanpa adanya perlindungan.

Asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal saja. Hal-hal yang kita anggap sepele seperti delay pesawat pun ditanggung. Jika bagasi atau barang anda hilang juga diganti bila dirasa perlu. Bahkan ada asuransi yang menanggung kegiatan penuh tantangan seperti naik gunung, rafting, sky diving.

Bergabunglah dengan komunitas traveller
Apabila anda mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama maka tidak ada salahnya anda bergabung dengan komunitas traveller. Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang travelling. Jika anda menjadi bagian dari komunitas travelling, anggotanya akan memberikan anda tempat bernaung selagi itu memungkinkan.

Anda pun juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi tuan rumah bila ada traveller yang singgah di kota anda. Selain dijamu di rumah mereka,tidak jarang mereka akan meluangkan waktu untuk memandu dan mengantar anda untuk mengunjungi ke tempat-tempat wisata yang akan anda singgahi. Selain mendapatkan informasi dan cerita menarik, anda juga akan terhindar dari salah angkot atau tertipu oleh tourist scam.

Jangan lupa juga untuk bergabung dengan komunitas keuangan di kelas dan workshop kami. Di bulan Oktober akan ada workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini https://bit.ly/PMJKT10 sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta info buka di sini https://bit.ly/RDJKT10 berbarengan dengan workshop Intermediate Financial Planning info buka di sini https://bit.ly/INTJKT17. Sementara untuk bulan November akan ada kelas Basic Financial Planning lagi, info bisa dilihat di sini https://bit.ly/BFP1117. Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan.

Selamat ngatur duit!

(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed