Follow detikFinance
Minggu 29 Oct 2017, 08:36 WIB

Cara Liburan yang Enggak Bikin Kantong Jebol

Tung Desem Waringin - detikFinance
Cara Liburan yang Enggak Bikin Kantong Jebol Foto: Ari Saputra
Jakarta - Musim liburan sebentar lagi akan tiba. Diperkirakan Oktober–November ini sudah banyak orang yang sudah merencanakan liburannya. Entah liburan bersama keluarga, kekasih, bahkan temn sudah direncanakan.

Desember merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan bulan kebersamaan dengan adanya banyak tanggal merah yang jatuh di bulan tersebut. Apakah Anda sudah termasuk ke dalam orang-orang yang sudah menyiapkan liburan atau tengah mempersiapkan rencana tersebut?

Bandung – Yogya – dan Bali, merupakan pusat kota yang paling banyak diminati ketika pergi berlibur. Mungkin karena keistimewaan yang ada di masing-masing kota ini membuat para pengunjungnya selalu ramai setiap holiday. Memang, tidak hanya ketiga kota tersebut saja yang ramai, tapi yang jelas, ketiga kota itulah yang selalu menjadi tujuan para wisatawan.

Namun liburan juga tak terlepas dengan bujet yang membludak. Seringkali, orang-orang malah lepas kendali dalam keamanan finansial mereka. Jadi berikut ini merupakan tips aman finansial untuk kamu yang ingin berlibur.

1. Siapkan Uang Untuk Persiapan Liburan
Sebelum pergi berlibur, ada baiknya 3 bulan atau jika terlalu mepet minimal 6 bulan sebelumnya Anda harus sudah mempersiapkan uang untuk pergi berlibur. Sisihkan uang bulanan Anda untuk liburan. Tidak ada salahnya menabung untuk persiapan liburan. Sesekali Anda juga harus menenangkan pikiran Anda dengan pergi berlibur.

2. Tentukan Destinasi Yang Akan Dituju
Rencanakan tujuan wisata dengan membaca referensi dari majalah wisata atau portal informasi berita wisata. Cobalah untuk merencanakan kunjungan wisata yang letaknya tidak berjauhan dengan kunjungan wisata yang lainnya. Misalkan Anda akan berkunjung ke Bali, maka tentukan kota mana yang akan dikunjungi. Jangan berencana mengelilingi semua daerah yang ada di Bali kecuali Anda mempunyai waktu yang cukup dan biaya yang mendukung tentunya. Perencanaan seperti ini selain akan menelan banyak biaya dan waktu juga akan menguras energi Anda sehingga tak jarang banyak wisatawan yang akan jatuh sakit atau bahkan kelelahan karena banyaknya tujuan wisata dan tidak bisa menikmati liburannya.

3. Cari Tiket Perjalanan dan Hotel Sesuai Bujet
Merencanakan pembelian tiket lebih awal akan memberi banyak keuntungan, pada umumnya maskapai penerbangan atau transportasi lainnya akan membuat harga promo apabila Anda membeli tiket lebih awal. Belilah tiket tiga bulan sebelum pemberangkatan atau dua bulan sebelumnya. Tapi ingat Anda harus menanyakan detail tentang prosedur penjadwalan ulang apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak fasilitas transportasi yang memberikan harga diskon yang fantastis akan tetapi tidak mentolelir pembatalan atau perubahan jadwal.

Cobalah pilih transportasi yang mempunyai asuransi untuk penjadwalan ulang. Memang sedikit akan mengeluarkan biaya ekstra tapi akan lebih aman apabila Anda menjadwal ulang perjalanan Anda. Promo juga bisa didapatkan dari agen penjual tiket atau agen-agen wisata.

Memilih hotel dari jauh-jauh hari juga sangat penting. Karena jika ternyata jadwal liburan Anda merupakan jatah libur di hari besar, sudah dipastikan jika sudah banyak orang yang sudah membooking tempat menginap dari jauh-jauh hari. Ini meminimalisir risiko, jika ternyata Anda tidak mendapatkan tempat menginap di tempat destinasi yang Anda tuju.

Dengan perencanaan yang matang dan memperhitungkan segala kemungkinan akan sangat membantu sekali bagi keuangan. Yakinkan untuk merencanakan pengeluaran liburan Anda pada angka yang sudah dibatasi sehingga tidak akan terjadi penumpukan beban tagihan berikutnya. Jadikan liburan Anda benar-benar menyenangkan. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed