Follow detikFinance
Senin 20 Nov 2017, 06:56 WIB

3 Ide Usaha dari Barang Bekas: Tanpa Modal, Untung Besar

Tung Desem Waringin - detikFinance
3 Ide Usaha dari Barang Bekas: Tanpa Modal, Untung Besar Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Benda-benda bekas tidak selalu harus dibuang. Jika benda bekas tersebut masih layak pakai, dan bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih berguna, atau memiliki setidaknya nilai tambah, Anda bisa memanfaatkan kreativitas Anda untuk memanfaatkan benda-benda bekas tersebut.

Merintis usaha atau bisnis yang dikelola dari benda-benda bekas memang tidaklah mudah. Anda membutuhkan sebuah kreativitas yang tinggi untuk menyulap ide cemerlang Anda dari barang yang tak digunakan lagi, menjadi sebuah barang unik yang bisa digunakan kembali. Selain tanpa modal, bisnis ini juga ternyata menguntungkan.

Jika Anda tertarik, atau setidaknya memiliki kreativitas yang tinggi untuk menciptakan inovas-inovasi yang menarik, mengapa tidak Anda coba membuat bisnis dari bena-benda bekas? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pikirkan untuk membuka bisnis Anda menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

1. Plastik/ Bungkusan
Anda pasti sudah banyak mendengar mengenai bisnis daur ulang sampah plastik. Biasanya plastik sampah ini bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang berguna, dan mempunyai nilai tambah. Plastik sampah ini misalnya bisa Anda daur ulang menjadi sebuah tas, dompet dan sebagainya yang lebih berguna.

Anda bisa mengumpulkan beberapa sampah plastik berupa bungkus kopi hingga detergen. Nantinya bungkusan ini bisa Anda kelola, dijadikan satu lalu dijait sehingga terbentuklah sebuah tas yang unik dari sampah plastik yang di daur ulang, serta dompet kreasi Anda yang bisa Anda jual ke customer Anda

2. Tong Bekas
Tong-tong bekas yang tak terpakai lagi dimanfaatkan oleh Agung Setiawan menjadi berbagai mebel yang memiliki nilai tambah tinggi. Deretan tong bekas tekstil disulap Agung menjadi sofa, meja, kursi, mini bar, hingga pot tanaman.

Agung yang meraih gelar Sarjana Administrasi Bisnis dari Universitas Padjadjaran, pada 2015 lalu memulai untuk menyulap tong-tong bekas menjadi deretan mebel nan cantik. Usaha ini pun bisa dibilang tidak sengaja dilakukan oleh Agung, pasalnya ide memulai usaha ini muncul dari pembeli yang datang.

Pengerjaan produk umumnya berlangsung mulai dari satu hari sampai satu minggu tergantung kerumitan pengerjaan dan permintaan pembeli.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 175.000 untuk kursi hingga Rp 1,5 juta untuk satu paket berupa meja dan 4 buah kursi. Agung juga menawarkan mini bar dari tong seharga Rp 850.000 yang terdiri dari 4 kursi dan satu buah meja.

Produk buatan Agung juga sudah banyak dipasarkan di Jawa hingga Kalimantan. Ia memasarkan produknya memanfaatkan layanan online hingga marketplace. Setiap bulannya, sekitar 30 paket tong yang terdiri dari kursi dan meja berhasil dijual.

Jadi, apakah kalian tertarik mengolah tong bekas menjadi sesuatu yang menghasilkan seperti Agung?

3. Kardus Sepatu
Setiap Anda membeli sebuah sepatu, entah sepatu sekolah, fashion atau sepatu kerja pasti menggunakan sebuah kardus untuk menjadi kotaknya. Lalu, jika sudah dipakai, kardusnya biasa kalian apa kan? Stop untuk membuang kardus tersebut!

Kardus-kardus sepatu itu bisa Anda sulap menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah loh. Apa sih contohnya? Anda bisa menyulap kardus sepatu itu menjadi tempat makeup. Atau Anda bisa mengubah kardus tersebut menjadi suatu handart.

Bingung bagaimana cara membuatnya? Saat ini sudah banyak DIY atau Do It Yourself yang bisa Anda pelajari dan Anda tiru. Biasanya DIY ini mengumpulkan beberapa video kreatif yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed