Follow detikFinance
Sabtu, 16 Des 2017 09:02 WIB

Anda Punya Aset Apa?

Meydian Eka Rini - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Aset menurut para ahli adalah sebuah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat ekonomi di masa yang akan datang. Setiap orang pasti memiliki aset, misalnya rumah, mobil, gadget, sepeda motor dan mungkin masih banyak lagi.

Kita mengumpulkan aset salah satu tujuannya adalah bisa bermanfaat di masa yang akan datang,atau bisa juga kita membeli salah satu aset kita hanya karena kita ingin membelinya saja.

Di dalam ilmu perencanaan keuangan aset dibagi menjadi 2 yaitu aset produktif dan aset konsumtif. Sebelum kita bahas sedikit tentang keduanya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari aset produktif dan aset konsumtif.

Aset Produktif adalah aset yang menghasilkan atau mendatangkan uang. Meskipun tidak mendatangkan uang akan tetapi nilainya naik di masa yang akan datang. Sedangkan aset Konsumtif adalah aset yang tidak menghasilkan uang dan di masa yang akan datang nilainya menurun.

Contoh dari aset produktif adalah rumah yang anda tinggali saat ini, memang sekarang rumah tidak menghasilkan uang akan tetapi semakin lama nilainya semakin naik. Mobil rental, anda membelinya bertujuan untuk menyewakan dan mobil tersebut bisa mendatangkan uang buat anda.

Contoh dari aset konsumtif adalah gadget, semakin lama nilai gadget semakin menurun dan tidak bisa menghasilkan uang bila hanya digunakan untuk komunikasi saja. Mobil yang anda beli dalam kondisi baru, bila 3 atau 6 bulan lagi anda menjualnya maka nilainya juga akan menurun. Kemudian seperti baju bermerk,tas ataupun sepatu bermerk seiring waktu nilainya juga akan menurun.

Cobalah anda cek lebih banyak aset mana yang anda miliki? aset produktif atau Aset konsumtif? Silakan anda membagi dalam 2 kategori tersebut. Dalam segi nilai mungkin anda lebih banyak memiliki aset produktif namun dalam segi jumlah atau item anda lebih banyak memiliki aset konsumtif. Betul tidak?

Aset produktif juga bisa memberikan manfaat lain misalnya bisa menjadi passive income kita. Contoh kita membeli tanah dan kita membangun sebuah rumah kost, maka setiap bulan kita bisa mendapatkan penghasilan dari rumah kost tersebut. Gadget juga bisa masuk dalam kategori aset produktif dan mendatangkan passive income. Saat ini sedang marak adanya bisnis online yang bisa dikerjakan hanya lewat smartphone atau gadget kita.

Untuk pendalaman tentang aset dan bagaimana kamu bisa memiliki aset, kamu bisa dengan mengikuti kelas atau workshop yang kami rekomendasikan.

Ke mana saja? Ada yang dilakukan baik oleh AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy. Untuk workshop Kaya Raya Dengan Reksa dana di bulan Desember bisa dibuka di sini https://bit.ly/RDJKT12.

Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info buka di sini https://bit.ly/PMJKT12. Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa jadi konsultannya dengan ilmu advance, info buka di sini https://bit.ly/ADV1217 dan untuk workshop Basic Financial Planning info bisa dibuka di sini https://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan .

Manfaat tersebut tidak bisa kita dapatkan apabila kita hanya mengumpulkan aset konsumtif saja. Boleh-boleh saja kita membeli aset konsumtif karena aset konsumtif bisa memberikan kepuasan kepada kita. Akan tetapi lebih bijak bila kita memikirkan segala sesuatunya untuk masa depan kita. Sehingga kita tidak mementingkan diri kita sendiri dan hanya memikirkan kesenangan atau kepuasan diri.

Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed