Follow detikFinance
Sabtu, 16 Des 2017 12:37 WIB

RI Rawan Gempa, Pentingkah Punya Dana Darurat Pribadi?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta - Gempa melanda sejumlah wilayah di Indonesia sejak kemarin malam. Yang terbaru, gempa berkekuatan 5,7 SR pagi ini yang berpusat Garut juga dirasakan hingga Jakarta.

Bencana seperti itu menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat karena selain bisa menilbulkan korban jiwa, kerugian materil juga bisa didapat. Lantas, perlukah dana darurat disiapkan untuk bencana seperti gempa?

Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto, mengatakan dana darurat sedianya dapat dimanfaatkan untuk keperluan mendesak, termasuk seperti bencana.

[Gambas:Video 20detik]


"Dana darurat itu dipergunakan untuk apa saja, termasuk untuk bencana. Karena kita tidak tahu kapan bencana itu bisa terjadi, tidak tahu apa akibat dari bencana itu," kata Eko kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Eko mengatakan, minimal dana darurat harus dikumpulkan sebesar tiga sampai enam kali pengeluaran rutin setiap bulannya. Hal itu perlu untuk meng-cover berbagai kebutuhan mendadak seperti saat terjadi bencana.


"Jadi disiapkan sekitar tiga sampai enam kali keuangan bulanan. Itu disiapkan untuk hal seperti ini, pengeluaran-pengeluaran di luar hal yang rutin. Jadi bisa digunakan untuk bencana," jelasnya.

Namun, Eko menyarakan, agar masyarakat juga menggunakan jasa layanan asuransi untuk lebih meng-cover seluruh kerugian yang terjadi akibat bencana. Pasalnya, kata Eko, kita tidak bisa mengetahui seberapa besar kerugian yang bisa disebabkan dari bencana.

"Alangkah bagusnya kalau dia juga memiliki asuransi. Karena kita enggak tahu sebesar apa masalahnya, kalau masalahnya enggak besar dia bisa pakai dana darurat. Tapi kalau masalahnya besar seperti rumahnya rusak kan bisa klaim ke asuransi. Asuransi berperan di situ," pungkasnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed