Follow detikFinance
Kamis 21 Dec 2017, 06:56 WIB

Yuk Susun Target Keuangan untuk 2018

Stanley Christian – AAM & Partners - detikFinance
Yuk Susun Target Keuangan untuk 2018 Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menjelang akhir tahun 2017 ini, kita semua sudah disibukkan dengan berbagai rencana yang akan kita buat di tahun 2018. Tentunya termasuk beberapa target Finansial yang ingin dicapai di tahun 2018 nanti.

Mungkin sepanjang 2017 ini ada beberapa target yang belum tercapai, maka ada baiknya anda mengevaluasi dan kembali menuliskan target yang lebih baik serta spesifik. Berikut ini adalah beberapa target yang bisa segera anda realisasikan di tahun 2018 mendatang.

Melunasi Utang Konsumtif
Dalam beberapa tahun terakhir, kita sangat dimanjakan dengan kemudahan berutang, khususnya barang elektronik atau konsumtif lainnya. Hanya bermodalkan KTP anda sudah bisa membawa pulang barang yang anda inginkan.

Bila kategori utang anda sudah melebihi batas aman dan kondisi finansial anda sudah terganggu, maka target utama tahun 2018 adalah melunasi utang tersebut. Pastikan pula anda tidak mengambil utang baru untuk melunasi utang lama dan tidak mengambil jenis utang apapun lagi.

Sama halnya dengan kartu kredit yang anda miliki. Kartu kredit merupakan sarana pembayaran, bukan tambahan penghasilan anda dan bila anda tidak dapat menggunakan dengan bijak, sebaiknya segera tutup kartu kredit anda.

Membentuk Dana Darurat
Dana darurat merupakan salah satu sumber pondasi penting dalam sebuah perencanaan keuangan. Maka setiap individu atau keluarga harus memiliki dana darurat tersebut.

Bila selama ini anda belum memiliki dana darurat, maka sudah seharusnya anda membuat target untuk membentuk dana darurat di tahun 2018 nanti. Bila anda masih dalam kondisi berutang, maka prioritas utama tetap membereskan utang, yang kemudian dilanjutkan dengan membentuk dana darurat ini.

Anda tentu sudah sering mendengar dana darurat ini dan fungsinya. Dana darurat bisa Anda simpan dalam bentuk tabungan biasa agar bisa digunakan dengan mudah saat dibutuhkan. Misalnya, dalam kondisi kendaraan yang rusak tiba-tiba, masuk rumah sakit tengah malam dan hal lainnya.

Memiliki Tabungan dan Investasi
Berapa banyak di antara kita yang sampai saat ini belum memiliki tabungan? Padahal kerja juga sudah bertahun-tahun, tapi ternyata belum memiliki tabungan.

Ini baru tabungan lho, belum bicara investasi. Bila poin mengenai utang konsumtif belum beres, berarti tabungan juga belum punya, di mana kondisi keuangan akan lebih prioritas untuk melunasi utang.

Bagaimana bila tidak memiliki utang, tapi kok tabungan saja belum punya. Kemungkinan terbesar yang sering terjadi adalah, penggunaan uang yang seharusnya bisa ditabung, sudah bergeser menjadi gaya hidup seperti nongkrong atau dipakai untuk liburan yang di luar budget, karena ini adalah tren saat ini.

Bila kondisi anda demikian, mulailah berbenah diri serta keuangan anda, dan mulailah membuat target di tahun 2018 agar anda segera memiliki tabungan yang baik serta mulai membentuk investasi yang tepat untuk anda. Anda harus paham bahwa tabungan dan investasi adalah dua hal berbeda, sehingga nantinya anda akan memiliki beberapa pos tabungan serta investasi sesuai tujuan keuangan anda. Anda harus mulai bijak dengan keuangan anda dan mulai merencanakan masa depan yang lebih baik dengan berinvestasi.

Membuat Catatan Pengeluaran
Hal sederhana namun yang sering dilewatkan oleh setiap orang, yaitu mencatat pengeluaran. Di mana anda kerap kali selalu bingung kemana uang anda mengalir. Bisa jadi selama ini anda tidak pernah tahu berapa besar pengeluaran yang anda keluarkan setiap bulan.

Maka dengan melakukan perubahan ini, anda dapat mengetahui dengan jelas kemana uang anda keluar. Jangan sampai anda merasa 'masih punya uang' padahal sudah habis, karena anda enggan untuk membuat catatan ini.

Semua pembahasan di atas oleh Aidil Akbar Madjid diciptakan dengan nama Financial Check Up. Dan semua itu dapat dipelajari secara detail.

Bila anda berminat untuk belajar lebih detail dan dalam lagi, bisa dengan mengikuti kelas atau workshop yang dilakukan baik oleh AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana January 2018 buka di sini https://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini https://bit.ly/PMM0118.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic Financial Planning info lihat di sini https://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Sekaranglah waktunya anda segera menetapkan target keuangan untuk tahun 2018 untuk keuangan anda yang lebih baik.

Happy Planning. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed