Follow detikFinance
Jumat 22 Dec 2017, 08:43 WIB

Resolusi Keuangan Tahun 2018

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Resolusi Keuangan Tahun 2018 Foto: Istimewa
Jakarta - Bulan Januari adalah bulannya resolusi, salah satunya untuk urusan keuangan. Butuh inspirasi resolusi keuangan untuk tahun ini? Saya siapkan untuk Anda berikut ini.

1. Benahi Cashflow
Cashflow adalah faktor utama yang akan menjadi penentu apakah keuangan Anda sehat atau tidak. Biasanya seseorang enggan untuk mencatat pengeluaran dan pendapatannya, sehingga memiliki cashflow yang berantakan. Untuk itu hal pertama dan yang paling penting untuk dibenahi dahulu adalah cashflow Anda.

Buatlah pos-pos pengeluaran sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian, pengeluaran apapun sudah dialokasikan, sehingga tidak tercampur dengan pengeluaran yang lain. Selain itu, alokasi dana bisa lebih tepat penggunaannya.

2. Bebas utang
Utang konsumtif adalah utang yang dibuat untuk kesenangan pribadi sehingga barang atau benda yang dibeli tidak memiliki nilai tambah malah ada pengurangan nilai. Kendaraan bermotor juga termasuk ke dalam utang konsumtif, kecuali dengan kendaraan tersebut Anda jadi punya penghasilan alias produktif. Cara agar bebas utang adalah punya komitmen serta disiplin dalam pembayaran cicilannya.

3. Siap hadapi kondisi tak terduga
Meski sudah memiliki BPJS Kesehatan, apabila mampu, milikilah juga asuransi kesehatan tambahan. Apalagi kalau Anda adalah tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa wajib dimiliki. Selain itu, miliki juga dana darurat.

Dana darurat diperlukan untuk mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran tidak terduga, diluar dari pengeluaran rumah tangga, dan tidak dilindungi oleh asuransi.

4. Bisa membedakan Needs dan Wants
Keinginan berkaitan dengan hal pribadi sehingga apabila tidak memilikinya pun sebenarnya Anda tidak apa-apa. Sementara kalau kebutuhan berkaitan dengan belanja rutin bulanan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti makanan, alat mandi dan lain-lain.

Namun, kebutuhan ini bisa bergeser menjadi keinginan, apabila Anda menambahkan harus bermerek tertentu atau keharusan membeli makanan yang lebih mewah.

5. Punya aset investasi
Inflasi akan selalu menggerus uang yang Anda miliki. Dan biasanya kenaikan gaji tidak bisa mengimbangi kenaikan harga-harga barang akibat inflasi. Oleh sebab itu apabila Anda memiliki tujuan keuangan tertentu seperti keinginan untuk kepemilikan rumah, tabungan dana pensiun, tabungan dana pendidikan anak dan lain-lain, maka sebaiknya Anda mulai berinvestasi.

Untuk menghindari kesalahan, maka sebaiknya konsultasikan rencana keuangan Anda dengan prencana keuangan yang terpercaya, agar Resolusi keuangan Anda dapat tercapai dengan baik.

Live a Beautiful Life! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed