Follow detikFinance
Kamis, 28 Des 2017 06:56 WIB

5 Hobi yang Bisa 'Cetak' Banyak Uang

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Edzan Raharjo Foto: Edzan Raharjo
Jakarta - Menjalankan hobi tidak hanya memberikan kesenangan bagi setiap orang, tapi juga bisa menciptakan peluang untuk mendatangkan penghasilan.

Berawal dari sebuah hobi, para pemula bisa menyalurkan kegemaran mereka sekaligus mengembangkannya menjadi peluang bisnis sampingan yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Lalu, kira-kira peluang bisnis apa saja yang bisa kamu jalankan dari hobi yang dimiliki? Berikut kami informasikan beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan bermodalkan sebuah hobi.

1. Hobi Otomotif
Sebagian besar kaum laki-laki, dunia otomotif merupakan salah satu hobi yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka. Beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dijalankan para pemula dari hobi tersebut antara lain jual beli spare part mobil maupun motor, jasa modifikasi motor atau mobil, bengkel motor ataupun mobil, makelar motor atau mobil, jasa reparasi jok motor/mobil, dan lain sebagainya.

2. Hobi Memasak
Nah, untuk kaum Hawa, memiliki hobi memasak memang bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Terbukti, banyak pelaku bisnis kuliner yang bisa sukses merintis usahanya dari hobi memasak yang mereka miliki. Beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu geluti antara lain membuat aneka macam kue seperti kue kering, cupcake, klappertart, pudding, kue tart tiga dimensi, aneka camilan unik (keripik pedas, keripik sayur dan buah, keripik jamur), membuat coklat souvenir, membuka warung makan, membuka kedai kopi, melayani jasa katering, dan lain sebagainya.

3. Hobi Menjahit
Seperti halnya para lelaki yang hobi dengan dunia otomotif, sebagian besar wanita lebih menyukai industri fashion. Hal inilah yang mendorong mereka menekuni hobi menjahit. Dari hobi tersebut, kamu bisa membuka jasa jahitan, membuka bisnis permak jeans, memproduksi aneka macam produk fashion seperti misalnya kemeja, baju muslim, kaos couple, aneka tas wanita, memproduksi sprei dan bed cover, membuat keasi jilbab cantik, serta masih banyak ide bisnis lainnya yang bisa kamu jalankan dari hobi yang kamu miliki.

4. Hobi Menulis
Untuk menyalurkan hobi menulis yang kamu miliki, tidak ada salahnya bila kamu menjadi penulis lepas di media online maupun offline (misalnya saja menyediakan jasa pembuatan artikel review produk yang belakangan ini banyak dibutuhkan pelaku bisnis online, atau menjadi pengisi rubrik artikel di sebuah majalah). Selain itu, kamu juga bisa menjadi peresensi buku, atau meluncurkan sebuah buku dari pengalaman maupun keahlian yang Anda miliki.

5. Hobi Fotografi
Berbekal sebuah kamera dan hobi fotografi, kamu bisa merintis bisnis sampingan yang sangat menguntungkan. Contohnya saja seperti menjadi fotografer freelance, membuka studio foto mini, melayani jasa editing foto, dan lain sebagainya.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000,- Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed