Follow detikFinance
Sabtu 30 Dec 2017, 08:07 WIB

Takut Kantong 'Jebol' Saat Liburan? Ini Dia Solusinya

Tung Desem Waringin - detikFinance
Takut Kantong Jebol Saat Liburan? Ini Dia Solusinya Foto: (dok. Hary Sukmono/Istimewa)
Jakarta - Liburan natal dan akhir tahun telah tiba, Apakah Anda sudah merencanakan liburan? Jika ya, tentu Anda sudah menyiapkan atau memperhitungkan anggaran yang akan dikeluarkan.

Anda sudah menyiapkan anggaran tersebut jauh-jauh hari, tapi ternyata masih over budget. Usai berlibur bukan mengurangi stres, tapi justru malah Anda menjadi pusing karena harus memikirkan dana liburan yang keluar berlebihan.

Memang, liburan untuk bersenang-senang. Tapi bukan berarti Anda harus melupakan kehidupan Anda usai liburan bukan?

Berikut adalah cara menganggarkan anggaran dana liburan Anda agar bebas over budget. Berikut ulasannya:

1. 20% untuk Makan
Mulailah membuat recana dan menghitung biaya Anda untuk keperluan makan disana. Biasanya dana ini banyak menghabiskan anggaran liburan Anda. Sebisa mungkin untuk mematuhi dana yang sudah Anda rencanakan. Untuk menghemat dana makan, siapkan camilan dari rumah. Selain menghemat tentu juga lebih sehat.

2. 20% untuk Penginapan
Pesanlah penginapan dari jauh-jauh hari, penting agar Anda dapat memilih tempat penginapan sesuai pilihan Anda dan dana yang Anda miliki. Memilih penginapan jauh-jauh hari juga dapat mengurangi risiko tidak kebagian tempat menginap jika sedang musim liburan.

3. 25% untuk Transportasi
Sisihkan 25% dari dana liburan Anda untuk transportasi selama di tempat Anda berlibur. Sebelum berangkat siapkan tiket pulang-pergi, dan transportasi selama di tempat liburan. Hal ini penting untuk mencegah saat Anda menghabiskan banyak uang untuk berbelanja, Anda masih bisa pulang.

4. 15% untuk Dana Cadangan
Menyiapkan dana cadangan sangat penting. 15% dari dana liburan Anda cukup sebagai dana cadangan. Dana ini berfungsi untuk membiayai hal tidak terduga saat liburan. Tentu Anda tidak dapat menebak apa yang akan terjadi nantinya.

5. 20% untuk Oleh-Oleh
Tentu akan menyenangkan saat pulang dari liburan dapat membeli oleh-oleh untuk orang - orang terdekat. Tapi sayangnya oleh-oleh seringkali menjadi penyebab over budget saat liburan. Sebaiknya buat daftar siapa saja yang akan Anda belikan oleh-oleh, dan apa saja yang rencananya akan Anda beli.

Itulah rincian anggaran yang dapat Anda rencanakan saat Anda akan berpergian untuk liburan agar tidak over budget. Kuasai keuangan Anda. Semoga bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed