Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 07:26 WIB

Perlindungan Finansial dalam Perencanaan Keuangan

Meydian Eka Rini – AAM & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Hidup penuh dengan risiko. Risiko datang secara tiba-tiba tidak memandang usia ataupun status kita. Musibah juga akan berpengaruh pada kondisi keuangan kita. Satu hal yang terbesit dalam pikiran kita adalah bahwa umur manusia tidak ada yang tahu secara pasti.

Namun apa yang terjadi apabila dalam suatu keluarga kepala keluarga mengalami musibah? Oleh karena itu dalam perencanaan keluarga sangat diperlukan sekali proteksi finansial, dan salah satu solusi untuk proteksi finansial tersebut adalah Polis Asuransi Jiwa.

Asuransi berfungsi sebagai proteksi atas sebuah keluarga. Jangka waktu proteksi biasanya lebih dari 20 tahun bahkan ada yang sampai seumur hidup. Salah dalam membeli asuransi juga akan berdampak pada kondisi keuangan kita bahkan masa depan kita.

Di Indonesia ada beberapa jenis asuransi diantaranya adalah
1. Asuransi Term Life
2. Asuransi Whole Life
3. Asuransi Dwi guna
4. Asuransi Unitlink

Semuanya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Manfaat yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari manfaat penyakit kritis, manfaat kecelakaan, manfaat kesehatan.

Kita wajib mempelajari dengan seksama fungsi dari asuransi yang kita ambil dan juga kita harus membaca polis asuransi dengan seksama karena polis asuransi berkekuatan hukum. Perusahaan asuransi hanya berpedoman pada polis bukan pada ilustrasi yang dibuat agent asuransi.

Membeli asuransi sesuai kebutuhan
Pada saat kita akan membeli asuransi seringkali kita berpikir asuransi mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Membeli asuransi tanpa menghitung sesuai kebutuhan atau asal membeli asuransi menjadikan proteksi terhadap finansial kita menjadi tidak optimal.

Banyak sekali agen asuransi yang menjual asuransi tanpa melihat kebutuhan klien. Bahkan 9 dari 10 orang salah membeli asuransi.

Contoh kasus Bapak Budi berusia 35 tahun mempunyai 3 orang anak. Kebutuhan Bapak Budi setiap bulannya adalah Rp 15 juta per bulan. Dan Bapak Budi ingin memproteksi finansialnya sampai usia 55 tahun. Berapakah nilai uang pertanggungan yang dibutubkan Bapak Budi?

Jawaban: Dalam kasus bapak Budi menentukan uang pertanggungan harus berdasarkan kebutuhan keluarga Bapak Budi. Kebutuhan bulanan yang harus dilindungi adalah Rp 15 juta per bulan atau setara dengan Rp 180 juta per tahun.

Lama perlindungan adalah 20 tahun. Nilai uang pertanggungan atau nilai kebutuhan yang harus dilindungi adalah Rp 180 juta x 20 tahun = Rp. 3,6 miliar. Dengan perhitungan seperti ini kita bisa tahu seberapa besar proteksi yang dibutuhkan sehingga ketika pencari nafkah terkena risiko keluarga yang ditinggalkan lifestyle nya tidak menurun.

Kita juga wajib mengevaluasi nilai proteksi finansial kita karena setiap tahun terjadi inflasi sehingga secara otomatis kebutuhan juga akan naik. Tips lain dalam menentukan asuransi jiwa adalah mempertimbangkan perusahaan asuransi.

Sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang memiliki keuangan yang bagus biasanya bisa dilihat dari RBC-nya atau nilai kekuatan perusahaan tersebut membayar klaim nasabah. Kemudian bisa juga dilihat dari pelayanan perusahaan asuransi tersebut kepada nasabahnya.

Baru sedikit yang saya coba bahas di sini, padahal asuransi adalah produk yang cukup rumit, apalagi ketika berbicara produk endowment dan unitlink. Tidak heran banyak orang kemudian salah membeli asuransi.

Itulah sebabnya saya anjurkan untuk anda semua belajar dengan cara mengambil workshop atau kelas perencanaan keuangan karena dibahas secara detil di sana. Nah, ke mana saja? Ada yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana Januari 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0118.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Mempunyai proteksi finansial sangat diperlukan dalam perencanaan keuangan. Dan kita juga harus jeli dalam memilih produk asuransi jiwa. Pastikan kita sudah memahami manfaat apa yang didapat dari produk asuransi jiwa yang kita beli supaya kita tidak menyesal di kemudian hari.

Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed