Follow detikFinance
Jumat, 19 Jan 2018 12:07 WIB

Ini Lho Plus Minus Pinjamkan Uang ke Teman

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pinjam meminjam uang dengan teman biasanya dianggap lumrah, padahal urusan uang merupakan hal yang sensitif. Salah-salah karena uang, bisa merusak pertemanan.

Perencana keuangan Aidil Akbar, mengungkapkan meminjamkan uang ke teman tidak ada plus atau keuntungan yang berarti. Biasanya orang meminjamkan uang ke temannya karena alasan tidak enak dengan temannya.

"Alasannya kita harus saling membantu, mungkin ini keuntungan meminjamkan uang ke teman. Tapi balik lagi uang itu tidak ada temannya. Kalau kita sudah bantu, ya jangan berharap akan dibantu lagi sama teman kita itu," kata Aidil saat dihubungi detikFinance, Jumat (19/1/2018).

Menurut Aidil, juga ada kerugian saat meminjamkan uang ke teman. Dia mengungkapkan, kebanyakan uang yang dipinjamkan tidak kembali, mulai dari nominal kecil hingga besar.


"Nah kalau sudah begini kan merusak hubungan pertemanan, pasti akan terjadi itu. Terus hilang kesempatan, harusnya bisa diinvestasikan kalau dipinjamkan ya kita tidak mendapatkan return apa-apa," imbuh dia.

Menurut Aidil, sebagai teman juga harus mengantisipasi jika memang sudah terlanjur memberikan pinjaman. Dan harus menyiapkan diri, jika dengan bantuan itu belum tentu bisa resiprokal atau orang yang sama akan membantu.

Aidil menambahkan, untuk menagih biasanya ada rasa sungkan atau tidak enak. Namun, penagihan harus dilakukan, hal ini agar teman yang dipinjamkan juga bertanggung jawab dan menepati janji pembayaran.

"Bilang saja ke teman, lagi butuh uang untuk bayar rumah nih. Ya memang harus seperti itu supaya uangnya kembali," ujarnya.

Dia mengingatkan, saat meminjamkan uang ke teman, anda harus menyiapkan diri bahwa 50:50 bahkan 80% uang tidak akan kembali ke tangan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed