Follow detikFinance
Jumat 19 Jan 2018, 13:14 WIB

Teman Mau Pinjam Duit Tapi Kita Butuh, Begini Cara Ngomongnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Teman Mau Pinjam Duit Tapi Kita Butuh, Begini Cara Ngomongnya Foto: Ari Saputra
Jakarta - Jika teman ingin meminjam uang, biasanya ada rasa tidak enak ketika harus menolak permintaan mereka. Namun, urusan uang memang sangat sensitif, jangan sampai karena uang hubungan pertemanan rusak.

Perencana Keuangan, Aidil Akbar, menjelaskan sebagai teman yang dimintai pinjaman uang, anda berhak menolak permintaan tersebut.

"Kita berhak menolak, kita bisa bilang sorry gue enggak pernah pegang uang cash, sorry uang gue sudah diinvestasikan dan butuh waktu untuk mencairkan, memang akan muncul rasa tidak enak," kata Aidil saat dihubungi detikFinance, Jumat (19/1/2018).


Dia mencontohkan, bisa juga menolak dengan cara perhitungan imbal hasil investasi. "Misalnya gini, uang gue udah didepositokan, kalau lo pinjam peluang gue untuk dapat return hilang dong. Sudah ada hitungannya ini," imbuh dia.

Kemudian cara berikutnya yang paling aman, misalnya untuk perempuan. Bisa menolak dengan bilang harus mendapatkan izin dari suami atau pasangan, begitupun sebaliknya.

"Soal uang ini, saya tidak suka mendengar kata-kata tidak punya uang, karena itu seperti doa. Saya ada uang, tapi tidak bisa memberikan untuk pinjaman," ujarnya.

Biasanya orang yang meminjam uang dalam frekuensi sering maupun tidak adalah orang yang kurang baik dalam mengelola keuangan. Misalnya ada teman yang meminjam uang untuk kebutuhan sehari-hari seperti bayar token listrik, cicilan motor, cicilan mobil, pulsa hingga kontrakan.


"Nah itukan harusnya sudah punya post masing-masing setiap bulannya, kenapa tiba tiba di tengah bulan pinjam uang. Pasti ada yang tidak beres sama kebiasaan belanjanya," ujar dia.

Menurut Aidil, untuk meminimalisir hal seperti itu harus memiliki pencatatan keuangan yang baik, mulai dari pengeluaran hingga pemasukan. "Kan suka lucu saja, ada teman yang gajinya lebih besar pinjam ke kita yang gajinya lebih kecil," imbuh dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed