Follow detikFinance
Jumat 19 Jan 2018, 14:09 WIB

Daripada Pinjam Uang ke Teman, Lebih Baik ke Sini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Daripada Pinjam Uang ke Teman, Lebih Baik ke Sini Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Biasanya teman menjadi 'bank' dadakan ketika kita ingin meminjam uang untuk keperluan. Tapi, utang ke teman berisiko tinggi untuk merusak hubungan pertemanan.

Perencana keuangan, Aidil Akbar mengungkapkan daripada meminjam uang ke teman, lebih baik cari alternatif tempat pinjaman lain. Karena jika masih memaksa meminjam ke teman, akan menimbulkan rasa tidak enak dan tidak nyaman.

"Alternatif pinjamannya, sekarang kan banyak fintech yang sangat mudah kasih pinjaman, tinggal pakai aplikasi dan input syarat-syarat, tunggu beberapa hari, selesai dan sudah dapat uangnya," kata Aidil saat dihubungi detikFinance, Jumat (19/1/2018).

Dia menjelaskan, selain fintech, kredit tanpa agunan (KTA) yang ada di bank juga bisa jadi solusi untuk kredit dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Di bank, KTA adalah salah satu produk yang dinilai paling mudah dan bunganya tidak terlalu besar untuk peminjam pemula.

"Tapi untuk peer to peer lending lewat fintech ini memang lebih mudah, dan mereka punya kriteria sendiri untuk menilai skor kredit kita. Tapi memang ada konsekuensi bunga yang tinggi," ujarnya.


Di Indonesia, fasilitas kredit yang diberikan melalui online atau fintech sudah ada beberapa jenis. Kredit yang diberikan beragam, mulai dari kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kredit konsumsi seperti handphone dan barang lain, bahkan terbaru adalah kredit untuk uang muka perumahan.

Saat ini sudah ada beberapa fintech yang menyediakan layanan peer to peer lending seperti Investree, Koinworks, Modalku, Kredivom Uang Teman, Gradana dan sejumlah fintech lain.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed