img_list
Follow detikFinance
Minggu 21 Jan 2018, 11:14 WIB

Begini Cara Jadi Kaya Lewat Youtube

Tung Desem Waringin - detikFinance
Begini Cara Jadi Kaya Lewat Youtube Foto: Istimewa
Jakarta - Youtuber terkenal bernama Logan Paul menuai reaksi keras dari netizen. Kejadian ini bermula kala Youtuber berusia 22 tahun itu mengunggah video pada 31 Desember 2017 lalu.

Isinya memperlihatkan dia dan kawannya mengunjungi hutan Aokigahara di Jepang. Hutan tersebut dikenal sebagai tempat masyarakat Jepang mengakhiri hidupnya dengan berbagai alasan.

Niatnya, Paul ingin merekam video dokumenter terkait hutan Aokigahara yang terkenal berhantu. Namun, di salah satu video footage tersebut terekam penampakan jasad seorang pria yang tewas karena gantung diri dengan wajah yang sudah diburamkan.

Tak cuma soal penampakan, dalam video Paul dan temannya berkelakar soal jasad tersebut. Alhasil, berbondong-bondong netizen mengecam aksi Paul lewat Twitter.

Nah, terdengar kabar jika Logan Paul merupakan youtuber terkenal dan terkaya lho. Rumahnya saja seharga Rp 88 miliar. Wow, lantas bagaimana ya caranya agar bisa menjadi youtuber yang dikenal dan bisa mencetak pundi-pundi rupiah?

1. Membuat video yang berkualitas
Mungkin anda juga sudah muak mendengar kata klise seperti ini "kualitas, kualitas, dan bla.bla.bla." namun semua algoritma sistem baik mesin pencari/sosial media memprioritaskan "engagement", sekarang adalah zamannya engagement, dan mereka yang membuat konten menarik dan berkualitas (engaging) yang akan menang.

2. Optimasi yang baik untuk judul dan gambar
Beberapa Youtuber baru menganggap sepele hal seperti ini, padahal efeknya sangat berpengaruh. Bagi mereka yang tidak memiliki audience sama sekali, maka judul dan thumbnail adalah satu-satunya cara video Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk dilihat.

Sebelum orang menonton video anda, mereka hanya melihat sebuah judul dan gambar pada video anda, jika mereka tidak mengeklik link/ video tersebut maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk ditonton oleh siapapun.

3. Buat sesuatu yang relevan
Seperti yang dikatakan pada poin nomor 1, jika anda mengerti siapa audience Anda, maka buatlah sesuatu yang mereka cari, mereka butuhkan, dan memang ingin mereka tonton. Di awal-awal setiap views sangat berharga, setiap detik yang mereka habiskan pada video-video anda adalah aset.

Buatlah video yang jelas khususnya di 5-15 detik pertama, dalam waktu sesingkat itu pastikan penonton sudah mengerti apa yang akan mereka tonton.

Ingat, anda bukan youtuber terkenal dengan ratusan ribu subscriber, anda bukan anak presiden/artis. Anda tidak bisa melakukan hal-hal sembarangan/random lalu mendapatkan viewers begitu saja.

Itulah cara supaya Anda bisa membangun channel Youtube yang sukses, pada praktiknya bisa saja itu tidak akan semulus seperti teori di atas, karena itulah hal yang paling krusial adalah Youtube Analytics. Perhatikan video mana saja yang memberikan hasil yang baik, analisa sumber trafik mana yang paling menghasilkan, dan seperti apa demografisnya.

Sudah Siapkah Anda Ditahun 2018 ini? Apakah Goal Secara finance Anda Sudah Tercapai? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000. Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000,- Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download.

Link : bit.ly/2wP4MGg (ara/zlf)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed