Follow detikFinance
Jumat, 26 Jan 2018 06:58 WIB

Ini Investasi yang Paling Bagus

Bareyn Mochaddin – AAM & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Salah satu hal yang paling sering ditanyakan khalayak umum kepada para perencana keuangan adalah, "Saya mau investasi, tapi investasi ke mana ya?" Atau "Ke mana ya saya bisa berinvestasi?" Ada juga pertanyaan seperti "Berapa sih besaran (rupiah) yang harus saya investasikan dari penghasilan bulanan?"

Terakhir, jenis pertanyaan yang mungkin juga sering anda tanyakan adalah, "Investasi apa yang paling bagus?"

Khusus pertanyaan terakhir, saya pribadi berpendapat bahwa pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang paling sulit untuk dijawab karena pertanyaannya sendiri terlalu abstrak. Bagus dan tidak bagus itu sangatlah relatif.

Bagus menurut siapa?; Bagus untuk siapa?; Bagus bila dibandingkan apa?. Bila yang dimaksud bagus adalah keuntungan-nya, belum tentu dianggap bagus juga dari sisi risikonya.

Ingat, pepatah lawas dalam investasi mengatakan bahwa "high risk high return", artinya bila anda mengharapan investasi yang "bagus" dari sisi imbal hasil maka anda pun harus siap dengan risiko tinggi yang menyertainya.

Apakah anda berpendapat produk keuangan dengan iming-iming keuntungan 80% dan disertai dengan risiko kerugian 60% itu bagus?. Bisa jadi anda katakan produk itu bagus, bisa juga anda anggap produk itu kurang bagus, bukan?.

Lalu, biasanya sebuah pertanyaan terlontar kembali, "Tapi kan tinggal jawab saja produk yang bagus itu apa saja, apa susahnya sih?"

Ya, memang tidak sulit untuk menjawab dan membuat daftar produk keuangan apa saja yang kinerjanya bagus. Tetapi, produk keuangan yang kinerjanya bagus belum tentu juga cocok dan dapat bekerja maksimal untuk anda.

Untuk membuktikannya, mari kita analogikan produk investasi itu sebagai moda transportasi umum dan ubah pertanyaannya menjadi, "Moda transportasi umum apa yang paling bagus?"

Bisa anda jawab? Tentu bisa! Anda bisa jawab moda transportasi yang bagus itu Pesawat, Kereta, Bus, Mikrolet, Bajaj, Taksi sampai dengan Ojek. Tapi, apakah semua moda transportasi itu cocok dan dapat bekerja maksimal untuk anda, padahal anda belum tahu tujuannya ke mana?.

Mari kita ambil satu contoh, anggaplah anda mengatakan bahwa pesawat adalah moda transportasi umum yang paling bagus saat ini, lalu bayangkan saat ini anda tinggal di Jakarta dan ingin liburan ahir pekan ke Kota Bogor, apakah pesawat sebagai moda transportasi umum yang paling bagus dapat cocok berkerja maksimal untuk mengantar anda sampai Kota Bogor? Tentu tidak kan.

Dengan contoh kasus tersebut, bus dan kereta listrik menjadi moda transportasi yang paling cocok dan dapat bekerja maksimal untuk mengantar anda sampai dengan tujuan di kota Bogor.

Padahal, bila dibandingkan dari moda-moda transportasi umum tersebut, mungkin bus dan kereta listrik tidak sebagus pesawat dari segi kecepatan, kenyamanan kursi, pelayanan, dan lainnya. Tapi pada akhirnya, yang paling bagus pun belum tentu cocok bagi anda.

Sehingga, bila kembali ke pertanyaan awal, yang menjadi fokus utamanya bukanlah "Produk investasi apa yang bagus?", tapi ubah sedikit pertanyaan anda menjadi, "Produk investasi apa yang bagus untuk membantu saya mencapai tujuan keuangan yang saya inginkan?". Bila pertanyaannya seperti ini, maka jawabanya relatif mudah, asal, anda sudah tahu apa tujuan keuangan yang anda inginkan tersebut.

Nah, untuk tau tujuan keuangan dan produk yang ingin anda investasikan anda sedikitnya mengerti tentang ilmu keuangan ini. Anda bisa belajar melalui seminar dan workshop yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana January 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0118.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan di bulan Februari workshop mengelola keuangan, info http://bit.ly/PMDPS02, dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info http://bit.ly/RDDPS02.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik disini t.me/seputarkeuangan.

Namun, bila anda saat ini belum memiliki tujuan keuangan, kami sarankan agar anda segera membuatnya. Dan agar lebih maksimal, anda harus memperhitungkan berapa besar dana yang harus anda kumpulkan untuk dapat merealisasikan tujuan keuangan anda, dan jangan lupa juga berapa lama anda ingin tujuan keuangan anda tersebut tercapai.

Setelah itu, langkah terakhir anda tinggal memilih produk investasi yang paling bagus. Mudah kan?

Chao! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed