Follow detikFinance
Senin 29 Jan 2018, 08:20 WIB

Mengapa Kita Perlu Berinvestasi?

Meydian Eka Rini – AAM & Partners - detikFinance
Mengapa Kita Perlu Berinvestasi? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - investasi adalah mengeluarkan atau mengumpulkan sejumlah dana dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial. Akan tetapi sebagian dari kita belum sadar akan pentingnya investasi dan tidak perlu dilakukan.

Kebanyakan dari mereka lebih suka meanbung uangnya di bank atau mempunyai deposito di bank. Mereka khawatir hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diinginkan dan mereka mencari yang pasti dan aman.

Padahal jika kita melakukan investasi dengan benar maka kita akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Banyak alasan mengapa kita perlu berinvestasi. Kita pasti mempunyai tujuan keuangan di masa datang misalnya berlibur ke luar negeri beberapa tahun kedepan, melaksanakan kegiatan ibadah, melanjutkan pendidikan dan tujuan yang lainnya. Dengan berinvestasi kita bisa mewujudkan tujuan keuangan kita.

Mengapa kita perlu berinvestasi?
1. Inflasi
Kita perlu berinvestasi karena adanya inflasi atau penurunan nilai mata uang. Selama ada kenaikan harga nilai mata uang akan terus merosot. Bahkan orang kaya sekalipun wajib berinvestasi untuk melindungi asetnya dari inflasi. Nah agar nilai mata uang kita tidak tergerus inflasi maka berinvestasilah.

2. Keuntungan yang besar dan kebebasan finansial
Setiap orang pasti ingin kaya atau menginginkan hasil yang besar. Mungkin cara yang akan ditempuh adalah dengan berinvestasi. Banyak jenis investasi yang menawarkan keuntungan yang menarik. Akan tetapi sebelum kita berinvestasi sebaiknya kita perlu mengetahui tujuan dan profil risiko kita karena keduanya juga berpengaruh pada hasil investasi.

Dan juga kita harus waspada dengan investasi bodong yang menawarkan return yang sangat tinggi. Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang besar apabila anda mulai berinvestasi sejak muda. Jika kita berinvestasi sejak usia muda bila kita gagal berinvestasi kita masih punya waktu banyak untuk memulainya lagi.

3. Untuk masa depan
Pendidikan adalah salah satu kebutuhan masa depan yang harus direncanakan dengan matang. Biaya pendidikan setiap tahun mengalami kenaikan sampai 20% per tahun,terutama biaya masuk perguruan tinggi semakin lama semakin mahal. Jadi cara bijaksana untuk memenuhi biaya pendidikan adalah berinvestasi dengan instrument yang tepat.

Selain biaya pendidikan, kita juga harus mempersiapkan biaya untuk kita pensiun. Apalagi jika kita sudah terbiasa dengan gaya hidup mewah,dan kita tidak mau lifestyle kita berubah saat pensiun maka cara yang benar adalah dengan berinvestasi.

Investasi tidaklah serumit dan semudah yang kita bayangkan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan tujuan keuangan dan ketahui profil risiko anda supaya anda bisa berinvestasi pada instrument yang benar.

Nah bagaimana caranya bisa benar? Trik dan tips ya bisa dipelajari di kelas atau workshop yang dilakukan baik oleh AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana January 2018 buka di sini https://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini https://bit.ly/PMM0118.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan di bulan Februari workshop mengelola keuangan, info https://bit.ly/PMDPS02, dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info https://bit.ly/RDDPS02.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic finansial Planning info lihat di sini https://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik disini t.me/seputarkeuangan.

Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed