Follow detikFinance
Selasa, 30 Jan 2018 07:46 WIB

Agar Resolusi Keuangan 2018 Terwujud

Marviarum Eka Ramdiati – AAM & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tahun 2017 sudah kita lewati, tidak terasa saat ini kita sudah di penghujung bulan Januari tahun 2018. Kita sudah mulai memasuki lembaran baru di tahun yang baru. Sudahkah anda menyiapkan rencana yang akan dicapai di tahun 2018?

Jika belum, mumpung masih di awal bulan, tentunya masih belum terlambat untuk membuatnya. Bagi yang sudah, apakah rencana tahun ini sudah mulai dijalankan? Sebaiknya rencana dan target tersebut tidak hanya menjadi sebuah catatan di atas kertas tapi apa yang ingin dicapai semua tujuan tersebut bisa dijalankan dan dapat terealisasi hingga penghujung tahun 2018.

Begitu juga dengan resolusi dan rencana keuangan. Kiranya semuanya bisa tercapai dan terwujud pada saat yang sudah direncanakan. Sebelum terlambat dan tetap semangat mencapai semuanya Anda bisa membuka kembali catatan resolusi tahun 2018 dan tempelkan di tempat yang mudah Anda lihat setiap saat seperti di kamar, di ruang kerja, di komputer kantor, atau di catatan gedget Anda.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar resolusi keuangan tahun 2018 bisa terwujud:

1. Lakukan Evaluasi
Selain evaluasi akhir tahun evaluasi berkala juga harus selalu dilakukan seperti evaluasi bulanan. Bagaimana dengan evaluasi di bulan pertama Januari. Mumpung masih belum melangkah terlalu jauh, Anda bisa melakukan evaluasi apakah target dan resolusi Anda sudah realistis atau terlalu sulit dan banyak. Tidak masalah sedikit mengoreksinya agar bisa fokus untuk pencapaian yang lainnya.

2. Disiplin
Untuk mencapai Resolusi keuangan 2018 banyak rutinitas-rutinitas baru yang mungkin sudah Anda rencanakan. Jalankan rencana tersebut dengan disiplin. Terutama disiplin dalam melakukan rutinitas keuangan baru seperti membuat anggaran di awal bulan, menghabiskan pendapatan sesuai anggaran, mencatat pengeluaran-pemasukan dan melakukan review catatan keuangan diakhir bulan.

3. Prioritas Kebutuhan, Kurangi Keinginan
Godaan demi godaan untuk membelanjakan uang sangatlah banyak. Agar tidak mudah tergoda, Anda harus benar-benar mengenali mana yang merupakan keinginan dan kebutuhan. Punya keinginan sah sah saja, asal jangan sampai kebablasan yang membuat Anda cenderung menjadi boros.

Untuk membedakan mana yang kebutuhan dan yang mana keinginan mudah kok. Kebutuhan adalah hal pokok yang harus dipenuhi. Contohnya adalah pakaian, makan, tempat tinggal, dan transportasi. Sedangkan keinginan adalah gaya hidup seperti makan di restoran, transportasi dengan mobil, menggunakan pakaian bermerk.

Memenuhi keinginan tidak ada salahnya. Tetapi harus diingat seberapa besar kemampuan keuangan yang kita miliki. Dengan mengurangi keinginan Anda bisa berhemat dan mengalokasikan dana keinginan tersebut untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah diinginkan.

4. Fokus Pada tujuan keuangan
Semua keberhasilan dicapai dengan melalui banyak rintangan dan godaan. Begitu juga dalam hal keuangan. Akan sangat banyak sekali godaan terutama yang membuat kita dengan mudahnya mengeluarkan dana tidak sesuai dengan rencana diawal.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat godaan itu datang coba alihkan pikiran Anda kepada keberhasilan dan tujuan yang Anda inginkan. Misal Anda mendapatkan tawaran voucher liburan dengan diskon yang lumayan.

Tawaran voucher bukan berarti Anda tidak mengeluarkan dana. Terkadang kita tergiur dengan kata 'mumpung' sehingga merogoh pos lain. Akibatnya dana yang tadinya untuk DP rumah Anda gunakan untuk liburan yang tidak direncanakan. Alih-alih tahun depan Anda sudah bisa membeli rumah justru mundur karena liburan.

5. Siapkan reward Rayakan Pencapaian
Untuk memulai kebiasaan baru dalam mencapai Resolusi keuangan 2018 mungkin tidak mudah bagi Anda. Tetapkanlah reword bagi diri Anda sendiri kiranya Resolusi Keuangan 2018 nantinya bisa Anda capai. Hal ini tentunya bisa menjadi motivasi dan penyemangat bagi diri sendiri.

Terlihat mudah bukan? Padahal dibutuhkan ilmu, keterampilan serta disiplin dalam melakukan perencananaan dan pencapaiannya. Pertanyaanya adalah kemana bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan tersebut?

Anda bisa mengikuti kelas atau workshop yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana January 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0118. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0118.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan di bulan Februari workshop mengelola keuangan, info http://bit.ly/PMDPS02, dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info http://bit.ly/RDDPS02.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan ikutan workshop Basic finansial Planning info lihat di sini http://bit.ly/BFP0118.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik disini t.me/seputarkeuangan.

Bagaimana apakah resolusi keuangan tahun 2018 bisa tercapai? Anda yang menetapkan, Anda yang menjalankan dan Anda yang menikmati keberhasilannya. Selamat menjalankan pola kehidupan baru yang lebih baik.

Semoga Rencana dan Resolusi keuangan 2018 Anda bisa tercapai sehingga tahun ini kehidupan Anda terutama dalam hal keuangan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat. Be Smart, wealthy today and Achieve financial freedom. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed