Follow detikFinance
Rabu 31 Jan 2018, 07:44 WIB

Begini Caranya Jadi Pengusaha Sukses Sebelum Berumur 30 Tahun

Tung Desem Waringin - detikFinance
Begini Caranya Jadi Pengusaha Sukses Sebelum Berumur 30 Tahun Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kini sudah banyak sekali anak muda yang ingin mapan secara ekonomi. Orang mapan secara ekonomi di usia 30-an memang tidak asing lagi. Tak bisa dihitung jari, berapa banyak pengusaha muda yang mendapat ide bisnis dari hal sederhana dari yang mereka temui sehari-hari.

Dunia bisnis benar-benar semakin terbuka dan bisa digeluti siapapun, termasuk anak muda. Coba perhatikan tips sederhana berikut ini.

1. Update Ilmu
Coba deh untuk gemar membaca buku. Membeli buku bacaan yang bermutu hingga mengikuti seminar adalah bentuk investasi untuk masa depan yang terkadang masih banyak di sepelekan oleh anak muda.

Pengetahuan inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan yang menunjang kecerahan di masa depan.

2. Keluar Dari Zona Nyaman
Jangan tergoda dengan kondisi nyaman Anda saat ini. Banyak anak muda yang merasa aman dan nyaman dengan penghasilan tetapnya. Padahal itu adalah kondisi yang berbahaya lho.

Mencari pekerjaan tambahan bisa dilakukan saat tak bekerja seperti menjadi penulis lepas, designer web, photographer, bisnis, dan sebagainya yang bisa dilakukan di luar jam kerja.

3. Hiduplah Dengan Sederhana
Daripada memamerkan barang-barang mewah, lebih baik hidup sederhana. Jangan biasa besar kepala begitu memiliki penghasilan besar. Apalagi, suka beli dan pamer barang-barang mewah.

Lebih baik hidup sederhana, sehingga ketika mapan akan terlihat itu sebagai hasil dari kerja keras Anda selama ini.

4. Mulai Berinvestasi
Banyak orang yang terjebak dengan mengandalkan menyimpan uang di bank. Padahal menyimpan uang pada bank hanya membuat Anda termakan oleh kerugian karena bunga yang kecil.

Mulailah untuk berinvestasi. Saat ini sudah banyak sekali macam-macam investasi yang dikenal seperti deposito, logam mulia (emas), properti, bisnis, barang koleksi, reksa dana, obligasi dan juga saham.

5. Bangun Networking
Membangun networking juga mengambil peran penting dalam mencapai kesuksesan. Itu akan berpengaruh besar pada jenjang karir dan masa depan Anda.

Berkumpulah dengan mereka yang berstatus sosial tinggi, itu akan membantu Anda untuk memicu semangat dalam mencapai kesuksesan.

Nah itulah lima prinsip yang bisa Anda terapkan, agar nantinya di usia 30-an tidak lagi bekerja dengan orang lain. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Semoga Bermanfaat

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed