Follow detikFinance
Senin 05 Feb 2018, 06:56 WIB

Permainan Ini Bisa Bikin Anda Pintar Kelola Duit

Tung Desem Waringin - detikFinance
Permainan Ini Bisa Bikin Anda Pintar Kelola Duit Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Siapa yang tak suka main monopoli? Hampir semua orang tau dan suka dengan permainan yang satu ini. Tapi apakah Anda pernah perhatikan bahwa permainan monopoli ini mengajarkan kita untuk mengelola keuangan lho.

Mungkin Anda akan merasa aneh, mengapa harus mengelola keuangan seperti bermain monopoli. Apa hubungannya dengan dunia nyata? Ternyata banyak sekali manfaat-manfaat yang dapat Anda dapatkan dalam permainan monopoli jika Anda teliti dengan seksama.

Kira-kira apa saja yang bisa kita pelajari dalam permainan monopoli itu?
1. Rencana Investasi
Apakah perlu membeli rumah di daerah warna biru, kuning, atau membeli jalan raya, dan lain sebagainya. Terkadang membeli rumah di beberapa tempat akan mendatangkan keuntungan, kadang tidak. Intinya berinvestasi harus dilakukan dengan strategi dan rencana yang matang. Jika kita berinvestasi tanpa rencana yang matang, seringkali investasi menjadi tidak terarah dan tidak menghasilkan keuntungan maksimal.

2. Cashflow
Dalam permainan monopoli, Anda perlu mendapatkan uang sewa dari tanah atau hotel yang anda miliki. Semakin banyak properti yang Anda miliki, bukankah akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan uang sewa. Dalam dunia nyata, uang sewa disebut dengan pendapatan arus kas. Arus kas yang baik dengan menjaga agar tidak besar pengeluaran daripada pendapatan akan membuat kamu terhindar dari masalah keuangan.

3. Dana Darurat Perlu Dipersiapkan
Hal pertama yang mesti Anda ingat adalah jangan sampai kehabisan uang kontan, atau Anda harus meminjam kepada teman atau bank. Anda pasti memerlukan yang namanya dana darurat. Dana ini yang nantinya akan Anda gunakan untuk pengeluaran yang tidak terduga. Tentunya dana darurat ini bisa Anda simpan di tempat yang aman dan mudah untuk di cairkan.

Selain memberikan sedikit pengetahuan tentang investasi dan pengelolaan keuangan yang tepat dan menjauhkan Anda dari masalah kondisi keuangan, permainan monopoli juga memiliki manfaat untuk mengurangi stress dan kejenuhan dari pekerjaan. Selain itu bermain monopoli juga diklaim bisa membuat Anda lebih cerdas.
Semoga bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed