Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Feb 2018 07:58 WIB

Cara Beli Rumah untuk Pasangan Muda

Meydian Eka Rini – AAM & Partners - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Tanpa dipungkiri lagi properti adalah salah satu investasi yang menjanjikan. Setiap tahun harganya bisa naik secara signifikan. Setiap orang pasti mendambakan mempunyai tempat tinggal begitu juga untuk pasangan yang baru saja menikah.

Sudah menjadi tren saat ini bahwa pasangan muda memilih mandiri maka dari itu mereka memilih mengontrak daripada ikut orang tua. Namun mengontrak rumah tidak selamanya baik karena kita harus membayar tiap bulan tanpa harus memiliki rumah tersebut.

Anda perlu berdiskusi dengan pasangan, juga mengumpulkan banyak informasi dan mencari beragam tips membeli rumah sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah. Jangan sampai kurangnya perencanaan,hitungan serta informasi, bangunan rumah yang seharusnya menjadi rumah idaman menjadi rumah yang tidak nyaman.

Jika anda termasuk pasangan muda yang ingin segera memiliki rumah impian ada beberapa langkah yang harus diperhatikan:

1. Membuat perencanaan membeli rumah
Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan. Membuat perencanaan keuangan satu bulan saja mungkin saja berat apalagi harus mempunyai perencanaan membeli rumah idaman. Namun tanpa perencanaan yang matang kita tidak akan terfokus dengan jelas rumah idaman seperti apa yang cocok untuk kita.

Kita harus merencanakan tipe rumah yang akan dibeli,lokasi nya apakah cocok. Dengan memiliki perencanaan kita sudah punya bayangan dan berkomitmen untuk segera memiliki rumah idaman.

2. Tentukan metode pembayaran
Metode pembayaran pembelian rumah ada bermacam-macam yaitu Tunai bertahap (Credit in house),Kredit KPR,Tunai Keras (cash). Metode tunai bertahap adalah cara mencicil antara pembeli dengan pengembang atau perorangan.

Namun metode ini berbeda dengan metode KPR karena metode tunai bertahap tanpa suku bunga kredit,biaya asuransi dan biaya pajak. Umumnya jangka waktunya mulai dari 6 bulan sampai 3 tahun.

Pasangan muda yang memilih metode ini harus mempunyai dana yang cukup besar untuk mencicil sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Metode Kredit KPR sangat diminati saat ini bagi pasangan muda yang tidak mempunyai dana untuk membeli secara tunai, apalagi jangka waktu menyicilnya sampai 20 tahun. Besaran suku bunga ditentukan oleh pihak bank yang bersangkutan.

Semakin panjang tenor nya maka semakin besar bunganya. Pasangan muda yangmemiliki pendapatan tetap tiap bulan cocok menggunakan metode ini.

Pasangan muda yang memiliki dana yang besar bisa memilih metode cash. Kita bisa memilih metode ini apabila anda sudah mempunyai dana darurat,dana untuk membeli rumah sudah terbentuk dan yang pasti kondisi keuangan anda sehat.

Metode ini mempunyai banyak kelebihan, anda tidak perlu direpotkan dengan suku bunga yang mengkat setiap tahunnya,dan proses kepemilikan rumah juga tidak memakan waktu yang lama.

3. Tahan keinginan untuk hidup konsumtif
Salah satu cara agar keinginan mempunyai rumah idaman segera terwujud adalah dengan menahan untuk hidup konsumtif. Hindari dulu untuk membeli barang-barang mewah, kita harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dan penghasilan kita digunakan untuk hal-hal yang prioritas saja.

Masih bingung? Belajar yuk di workshop dan kelas yang dilakukan baik oleh AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana bulan depan 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0218. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0218.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan di bulan Februari workshop mengelola keuangan, info http://bit.ly/PMDPS02, dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info http://bit.ly/RDDPS02 lumayan bisa jalan-jalan liburan sambil belajar lho.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Intermediate Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/IMD0318.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik disini t.me/seputarkeuangan.

Apapun caranya kita harus komitmen dan disiplin menjalankan perencanaan keuangan supaya tujuan keuangan dapat segera tercapai.

Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed