Follow detikFinance
Senin, 05 Feb 2018 17:06 WIB

Jakarta Siaga Banjir, Pakai Cara Ini Selamatkan Surat Berharga

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Seysha Desnikia/ detikcom Foto: Seysha Desnikia/ detikcom
Jakarta - Intensitas hujan yang tinggi membuat Bendung Katulampa sudah siaga 1. Ibu Kota Jakarta pun terancam banjir.

Kondisi ini tentu harus disikapi dengan serius, seperti antisipasi dengan memperkecil kemungkinan kerugian yang ditimbulkan akibat banjir. Salah satunya dengan menyelamatkan dokumen-dokumen penting dan berharga.

Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno mengatakan, bagi warga yang tinggal di daerah langganan banjir seharusnya sudah persiapan terlebih dahulu. Salah satunya jangan menempatkan dokumen-dokumen berharga di dalam rumah, caranya bisa dengan menyewa jasa safe deposit box.

[Gambas:Video 20detik]


"Harusnya kalau yang langganan kan sudah tahu kemungkinan terjadi banjir. Jadi jangan taruh dokumen penting di rumah. Harusnya sewa safe deposit box untuk taruh sertifikat tanah dan surat tanda bukti kepemilikan aset lainnya, termasuk simpanan emas," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Senin (5/2/2018).

Jika tak mau menyewa deposit box, bisa dengan membeli lemari penyimpanan khusus dokumen yang tahan bencana seperti kebakaran, gempa atau pun banjir. Tempatkan lemari itu ditempat yang tinggi.

"Itu kombinasinya hanya kita yang tahu. Itu jadi contoh selamatkan dokumen-dokumen berharga yang sulit pergantiannya memakan waktu," imbuhnya.

[Gambas:Video 20detik]


Lalu cara yang ketiga, siapkan 1 tas untuk menempatkan surat-surat berharga. Tas itu juga bisa untuk menaruh sebagian pakaian dan obat-obatan jika harus mengungsi ke tempat lain.

"Jadi siap untuk pergi. Jangan tunggu-tunggu banjir tinggi, nanti susah untuk mengungsinya," tambahnya.

Selain itu selamatkan barang-barang berharga lain yang jika rusak karena banjir menimbulkan kerugian yang lumayan besar, seperti mobil atau pun kendaraan lainnya. Ungsikan kendaraan ke rumah kerabat ketika tanda-tanda banjir sudah terlihat. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed