Follow detikFinance
Selasa, 06 Feb 2018 06:56 WIB

Gaji Bulanan Selalu Habis? Simak Solusinya Di Sini

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mengatur keuangan untuk waktu sebulan memang tidak mudah karena banyak di antara kita yang memiliki gaji bulanan tidak bisa mengaturnya karena banyak menghabiskannya buat hobi, bersenang-senang dengan teman, ataupun membeli barang-barang yang diimpikan.

Dengan begitu sebelum kesalahan terjadi, berikut ini 3 tips yang harus anda tahu dan bisa anda coba setelah menerima gaji, yuk baca tipsnya:

1. Mengatur Kebutuhan Hidup
Kebutuhan hidup yang paling utama untuk menjalani hari-hari selama sebulan dengan mengatur kebutuhan mulai dari biaya makan minum, air dan listrik, transportasi, rekreasi dan usahakan sebesar 50% dari penghasilan.

Jika gaji anda hanya UMR dan tidak memiliki penghasilan tambahan sama sekali. Anda harus cukupkan setengah dari gaji anda untuk kebutuhan hidup selama sebulan. Bila kebutuhan anda tidak tercukupi anda bisa melakukan penurunan gaya hidup dan memikirkan berbagai alternatif.

Seperti, untuk makan sehari-hari anda bisa membawa bekal makanan dari rumah untuk makan istirahat di kantor. Untuk transportasi anda bisa membawa kendaraan sendiri supaya lebih hemat tidak harus membayar transportasi umum jadi anda tidak mengeluarkan uang saku lagi.

2. Ingat harus sisihkan untuk Asuransi Jiwa
Memiliki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan paling tidak 10-15 tahun pengeluaran, karena dengan asuransi jiwa sangat penting untuk setiap orang karena tidak ada orang yang selalu sehat ada waktunya sakit, jadi dengan adanya asuransi bisa terjamin kesehatan anda di saat anda sakit anda sudah mempunyai asuransi kesehatan jadi tidak khawatir lagi untuk masalah biaya. Cara yang efisien tetap jaga jiwa anda dengan hidup sehat, pikiran sehat, selalu bahagia dan raji berolah raga.

3. Sisihkan uang gaji dengan menabung untuk masa depan
Setelah semua kebutuhan sudah diatur dan terpenuhi maka wajib untuk anda menabung dan yang pasti harus bisa sisihkan untuk menabung, bagaimana caranya? Dengan menyisihkan uang gaji minimal 20% dari gaji anda dengan memasukkan ke dalam rekening dan tabungan itu dipastikan tidak di pakai karena untuk masa depan.

Pengeluaran yang anda keluarkan harus disusun dan diatur dengan bijak. Konsisten pada rencana keuangan anda sendiri dengan begitu anda dapat meningkatkan penghasilan. Silahkan bekerja lebih keras, lebih giat dan lebih smart untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai di Tahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman "Financial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed