Follow detikFinance
Jumat 09 Feb 2018, 06:56 WIB

Tips Atur Gaji Supaya Aman Sampai Akhir Bulan

Meydian Eka Rini – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Tips Atur Gaji Supaya Aman Sampai Akhir Bulan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setiap bulan baru kita pasti menantikan gaji atau pendapatan khususnya yang berprofesi sebagai karyawan. Namun pernahkah kita merasakan belum akhir bulan namun gaji kita sudah mulai menipis bahkan untuk biaya transportasi saja tidak ada?

Apabila kita merasakan kekurangan uang di akhir bulan itu berarti kita kurang cermat dalam mengatur keuangan. Kebutuhan hidup setiap bulan memang banyak apalagi harga kebutuhan pokok semakin lama semakin naik.

Akan tetapi apabila kita bisa mengatur keuangan dengan baik dan teliti maka tidak ada istilah bokek di akhir bulan bahkan kita masih bisa menabung.

Berikut beberapa tips supaya kita bisa bertahan sampai akhir bulan
1. Tetapkan dan catat pengeluaran setiap hari
Untuk melakukan apapun kita pasti membutuhkan sebuah perencanaan. Untuk memastikan gaji anda cukup sampai akhir bulan anda harus mempunyai anggaran setiap hari. Setiap harinya kita pasti mempunyai pengeluaran yang pasti, misalnya biaya makan,ataupun biaya transportasi.

Dalam satu hari misalnya anda, menghabiskan biaya sebesar Rp 50.000 maka anda hanya perlu membawa uang saku yang pas untuk seminggu. Tidak perlu membawa uang saku yang berlebih karena akan memicu pengeluaran yang banyak. Selain itu anda juga dapat mencatat di buku khusus pengeluaran setiap harinya supaya kita bisa tau mana pengeluaran yang primer ataupun sekunder.

2. Hindari utang dalam bentuk apapun
Sebaiknya menghindari utang dalam bentuk apapun misalnya utang kartu kredit ataupun menjam uang ke teman atau saudara. Anda juga harus menghindari membeli barang dengan cara mencicil kecuali bila barang tersebut adalah jenis barang produktif bukan konsumtif.

Apabila memang harus mencicil sebaiknya anda pastikan dulu besar cicilan dengan besar pendapatan anda.

3. Membawa bekal ke tempat kerja
Membawa bekal ke tempat kerja adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Selain menghemat juga sehat dan higienis. Dengan membawa bekal kita bisa meminimalkan pengeluaran untuk membeli makan di tempat yang mahal.

4. Cari pendapatan tambahan
Saat libur akhir pekan datang banyak waktu luang yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan waktu luang tersebut dengan menambah penghasilan tambahan misalnya mengajar les komputer, menulis. Daripada anda menggunakan waktu luang anda untuk pergi berbelanja ke pusat perbelanjaan lebih baik digunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat

5. Evaluasi setiap bulan
Lakukan evaluasi setiap akhir bulan. Disitu anda dapat melihat perbandingan antara rencana dan kenyataan, apakah sudah sesuai dengan rencana atau bahkan lebih banyak pengeluarannya. Dengan demikian anda bisa mengurangi pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting sehingga bisa dialokasikan ke pos yang lainnya.

Hidup sederhana bukan berarti kita tidak membeli apa-apa. Hidup hemat berarti bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Itulah sebabnya anda harus bisa dan belajar tentang bagaimana cara mengatur gaji bulanan, merencanakan keuangan dan investasi.

Beberapa kelas dan workshop yang kami rekomendasikan yang dilakukan oleh AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana bulan depan 2018 buka di sini https://bit.ly/WRD0218. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini https://bit.ly/PMM0218.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan dibulan February workshop mengelola keuangan, info https://bit.ly/PMDPS02, Dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info https://bit.ly/RDDPS02 lumayan bisa jalan-jalan liburan sambil belajar lho. Ada juga yang di Jogja, info bisa buka di sini https://bit.ly/PMJGS18 dan di sini https://bit.ly/RDJGS18.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Intermediate Financial Planning info lihat di sini https://bit.ly/IMD0318. Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed