Follow detikFinance
Jumat 09 Feb 2018, 07:18 WIB

Uang Sering Habis Tak Jelas? Begini Solusinya

Tung Desem Waringin - detikFinance
Uang Sering Habis Tak Jelas? Begini Solusinya Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Berbagai masalah keuangan yang Anda anggap remeh ini justru bisa saja menjadi bencana besar dalam keuangan Anda. Ada banyak masalah keuangan yang sering dihadapi karyawan muda. Semua ini tentu harus diatasi dengan langkah dan solusi yang tepat.

Berusia muda dan telah bekerja pada sebuah perusahaan, Anda mungkin menjadi salah satu di antara banyak karyawan muda yang sedang menikmati masa-masa menyenangkan.

Bagaimana tidak? Penghasilan yang Anda miliki saat ini mungkin saja telah bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan baik tetapi tidak untuk urusan menabung. Begini cara menghindari masalah keuangan:

1. Kelola Keuangan dengan Tepat
Gaji sudah habis, padahal tanggal gajian masih jauh di depan mata. Kondisi seperti ini menjadi hal yang paling sering dialami sebagian orang bergaji. Barangkali Anda adalah salah satunya. Jika terus dibiarkan, Anda akan hidup dengan siklus gaji ke gaji saja atau besar kemungkinan Anda akan memiliki sejumlah utang.

Berapa pun jumlah gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya, gaji ini haruslah bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Bukan hanya saat ini, melainkan sebagian dari gaji ini tentu akan memiliki porsi khusus untuk berbagai kebutuhan pada masa yang akan datang.

Pastikan Anda memiliki tepat sejak awal agar setiap sen uang Anda bisa dialokasikan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk memiliki porsi yang tepat dan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

2. Biasakan Menabung dan Lakukan Investasi
Tidak memiliki sejumlah tabungan dan selalu menunda untuk menyisihkan sejumlah uang sebagai dana tabungan setiap bulannya. Mulailah menyisihkan sebagian gaji Anda sebagai dana tabungan dan investasi supaya bisa mencapai rencana dan tujuan keuangan pada masa yang akan datang.

Segera lakukan investasi dalam keuangan dan jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan.

3. Belanjakan Uang dengan Bijak
Pergaulan dan pola hidup yang tidak seimbang sering membuat Anda 'kehilangan' banyak uang tanpa alasan yang jelas. Anda membelanjakan banyak uang tanpa perhitungan di mana semua pengeluaran ini hanya bersifat konsumtif dan tidak memberikan manfaat yang maksimal dalam kehidupan Anda.

Sebagian besar karyawan muda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk sekadar bersenang-senang semata. Cobalah untuk menata kehidupan pribadi dan pola pikir Anda tentang keuangan. Anda bisa membedakan antara Kebuttuhan dan kegunaannya.

Hal ini akan membantu Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang dan mengelola setiap uang dengan lebih tepat. Jika dapat mengelola keuangan dengan tepat, berbagai tujuan keuangan Anda tentu dapat dicapai dengan lebih mudah.

Mulailah menata dan menjalankan keuangan dengan sehat dan seimbang supaya bisa bebas dari masalah keuangan dan mencapai berbagai tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Sudah Siapkah Anda di Tahun 2018 ini? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai? Download Sekarang Juga Rangkuman "Finansial Revolution" 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000.

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000 Secara GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed