Follow detikFinance
Selasa 13 Feb 2018, 07:22 WIB

Pentingnya Membaca Artikel Keuangan

Meydian Eka Rini – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Pentingnya Membaca Artikel Keuangan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi, apalagi di era digital seperti sekarang ini hanya dengan menggunakan smartphone saja kita sudah bisa mengakses informasi dari segala penjuru dunia. Begitu juga dengan informasi tentang keuangan.

Kita tinggal menuliskan kata kucinya di mesin pencari maka semua informasi yang kita butuhkan secara otomatis akan muncul.

Saat ini banyak orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya mengatur keuangan namun banyak juga yang masih bingung mau berkonsultasi ke mana. Saat ini sudah banyak Perencana Keuangan yang bersertifikasi internasional yang bisa memberikan advice tentang berbagai masalah keuangan.

Akan tetapi untuk masalah keuangan sehari-hari anda tidak perlu berkonsultasi kepada ahlinya. Anda cukup membaca artikel keuangan di internet, koran ataupun majalah.

Berikut beberapa manfaat anda membaca artikel keuangan:

- Menambah pengetahuan dan membuka wawasan tentang keuangan
Dengan membaca artikel-artikel tentang keuangan anda bisa menambah pengetahuan dan bisa membuka wawasan anda. Anda juga bisa memperkaya pengetahuan anda tentang keuangan misalnya bagaimana cara mengelola keuangan,mengalokasikan hingga mengatasi berbagai masalah keuangan anda yang terjadi sehari-hari.

Biasanya informasi yang disampaikan di dalam artikel keuangan menggunakan Bahasa yang ringan dan mudah dipahami apalagi bagi anda yang baru belajar mengelola keuangan. Contoh yang diberikan juga diambil dari kasus-kasus yang terjadi sehari-hari.

- Memberikan panduan praktis dalam perencanaan keuangan
Biasanya di dalam artikel keuangan menyajikan panduan atau langkah-langkah praktis dalam merencanakan ataupun mengelola keuangan yang bisa langsung diaplikasikan. Tidak jarang juga artikel keuangan tersebut ditulis oleh pakar keuangan atau konsultan keuangan profesional.

Biasanya di artikel tersebut disediakan kolom tanya jawab sehingga kita bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

- Membantu mengambil keputusan
Saat anda mengalami dilema dalam mengatasi permasalahan keuangan keluarga maupun keuangan untuk bisnis,anda bisa mencari referensi dengan membaca artikel keuangan. Anda bisa mengambil benang merah dari artikel tersebut dan pastinya sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Ada beberapa contoh keputusan yang bisa diambil dengan membaca artkel keuangan adalah keputusan pengelolaan keuangan, biasanya berkaitan dengan pengaturan pos-pos pengeluaran, mengelola utang.

Untuk contoh yang kedua adalah keputusan berinvestasi karena Saat ini masyarakat Indonesia sudah banyak yang sadar pentingnya berinvestasi namun masih banyak yang terjebak dengan investasi bodong oleh karena itu dengan membaca artikel kita bisa mendapatkan banyak informasi ataupun referensi investasi yang aman.

Harap diingat bahwa membaca artikel saja tentu tidak cukup. Mengapa? Karena ilmu Perencana Keuangan sangat luas dan tidak bisa dibahas hanya dalam 1-2 halaman saja.

Itulah sebabnya saya rekomendasikan anda untuk ikutan kelas atau workshop yang dilakukan oleh AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana bulan depan 2018 buka di sini https://bit.ly/WRD0218. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini https://bit.ly/PMM0218.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan dibulan February workshop mengelola keuangan, info https://bit.ly/PMDPS02, Dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info https://bit.ly/RDDPS02 lumayan bisa jalan-jalan liburan sambil belajar lho. Ada juga yang di Jogja, info bisa buka di sini https://bit.ly/PMJGS18 dan di sini https://bit.ly/RDJGS18.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Intermediate Financial Planning info lihat di sini https://bit.ly/IMD0318.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Demikianlah beberapa manfaat membaca artikel keuangan yang bisa kita dapatkan. Dengan banyak membaca terutama artikel keuangan dapat menambah wawasan kita dalam mengelola keuangan.
Selamat ngatur duit! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed