Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Feb 2018 10:15 WIB

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah?

Meydian Eka Rini – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: (Dok. Junebug Weddings) Foto: (Dok. Junebug Weddings)
Jakarta - Pernikahan adalah jenjang yang paling dinantikan setiap pasangan yang sudah mantap untuk memutuskan hidup bersama. Menjelang moment ini tiba pasti rasa khawatir deg-deg an pasti akan dirasakan setiap pasangan. Berbagai macam persiapan dilakukan demi terlaksananya menjadi pangeran dan putri semalam.

Selain merencanakan persiapan pernikahan ada hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan yaitu masa depan. Survey menyimpulkan bahwa sebagian besar factor utama perceraian adalah factor ekonomi. Oleh karena itu mulailah membicarakan hal ini dengan pasangan sebelum menikah.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menikah?

Menentukan tujuan keuangan
Menikah adalah menyatukan dua pemikiran yang berbeda, disini berarti menyatukan visi misi dalam berumah tangga. Hal pertama kali yang harus dibicarakan adalah menentukan tujuan keuangan untuk masa depan.

Setidaknya anda dan pasangan mempunyai tujuan keuangan jangka pendek,menengah ataupun jangka panjang. Setiap orang mempunyai tujuan keuangan yang berbeda misalnya anda ingin mendahulukan menyiapkan dana pendidikan sedangkan pasangan ingin menyiapkan dana untuk membeli rumah idaman. Supaya tidak terjadi pertengkaran maka anda dan pasangan harus bisa mengambil jalan tengahnya. Setelah mengambil jalan keluarnya sebaiknya anda dan pasangan sepakat untuk melaksanakannya.

Penghasilan dan pengeluaran
Setelah anda menentukan tujuan keuangan bersama pasangan,selanjutnya anda harus memikirkan cash flow. Apabila anda dan pasangan sama-sama bekerja sebaiknya terbuka mengenai penghasilan berdua,penghasilan anda atau pasangan mana yang lebih besar. Tentukan juga siapa yang akan mengatur keuangan keluarga.

Setelah anda dan pasangan membicarakan cash flow,anda maupun pasangan juga harus membicarakan hutang dan asset. Apabila salah satu mempunyai hutang sebaiknya terbuka,pasangan anda juga berhak tahu karena berhubungan juga dengan pengaturan cash flow bersama.

Perjanjian pranikah
Dalam merencanakan keuangan sebelum menikah anda dan pasangan juga perlu membicarakan tentang pentingnya perjanjian pranikah. Memang kedengarannya aneh dan tabu namun di era yang semakin modern dan kebanyakan zaman sekarang sebelum menikah setiap orang mempunyai karir atau pekerjaan maka tidak ada salahnya untuk membuat perjanjian pranikah.

Tidak ada suatu pernikahan yang menginginkan perceraian namun nyatanya Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat perceraian tertinggi. Dengan adanya perjanjian pranikah akan memudahkan untuk pembagian harta gono gini apabila dalam suatu pernikahan terjadi perpisahan entah itu perpisahan hidup ataupun perpisahan meninggal dunia.

Sepintas memang perjanjian ini terkesan perjanjian yang seolah-olah mendoakan terjadinya perpisahan. Namun tidak ada jaminan apa yang akan terjadi nanti. Sebenarnya perjanjian ini sama-sama melindungi harta pribadi anda dan pasangan nantinya bila terjadi perceraian ataupun kematian.

Adapun perjanjian prankah sendiri banyak bentuknya dan dibahas secara detil pasal demi pasal dari perjanjian tersebut agar anda tidak salah dalam mempersiapkannya. Pembahasan tentang perjanjian pranikah dalam satu sesi pelajaran dengan perencanaan waris dan wasiat yang juga dibahas di workshop Perencana Keuangan detil. Bisa dibayangkan betapa pentingnya pembahasan materi tersebut.

Bila anda berminat dan penasaran untuk tahu lebih lengkap, anda bisa mengikuti workshop yang dilakukan oleh AAM & Associates maupun IARFC Indonesia.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksadana bulan depan 2018 buka di sini. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini. Untuk di BALI atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan di bulan February workshop mengelola keuangan, info, Dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksadana di Bali, info lumayan bisa jalan-jalan liburan sambil belajar lho. Ada juga yang di Jogja, info bisa buka di sini dan di sini.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Intermediate Financial Planning info lihat di sini. Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini.

Tidak ada salahnya apabila kita merencanakan dan mempersiapkan tujuan keuangan kita untuk masa depan yang lebih baik.

Selamat ngatur duit! (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed