Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Feb 2018 18:17 WIB

Lagi Libur Panjang? Hati-hati Kantong 'Bolong'

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Saat libur panjang seperti sekarang ini, masyarakat sering khilaf membelanjakan uangnya. Perencana Keuangan Prita Hapsari Ghozie punya tips agar anda bisa mengontrol pengeluaran saat libur panjang, terlebih berbarengan dengan Tahun Baru China atau Imlek.

Dia mengatakan, salah satu cara ampuh adalah dengan meninggalkan kartu kredit di rumah saat sedang liburan. Selain itu apa lagi?

"Supaya tidak khilaf, tinggalkan kartu kredit untuk sementara waktu di rumah, hindari belanja online yang menawarkan cicilan. Lalu saat mau jalan-jalan, hanya gunakan kartu debit atau uang elektronik yang sudah diisi saldo sejumlah budget yang kita tetapkan," katanya ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Dia mengatakan untuk dapat menerapkan itu, kuncinya adalah disiplin. Dengan disiplin kita tidak akan mudah tergoda belanja ini itu.

"Agar keuangan tetap terjaga, maka kuncinya adalah disiplin dalam penggunaan uang yang ada. Saya sarankan kita punya budget hanya boleh menghabiskan xxx (nominal tertentu) rupiah dari hari ini hingga Minggu," lanjutnya.

Menurutnya ada beberapa penyebab yang membuat masyarakat khilaf membelanjakan uangnya saat libur panjang.

"Saat banyak waktu, maka kita pasti punya kecenderungan untuk konsumsi. Bisa saja dengan belanja, nonton bioskop, jajan makan minum, mau pun lainnya. Wajar saja karena ingin lebih rileks dan santai," terangnya.

Cara menyiasatinya, kata Prita dengan meluangkan waktu ke hal-hal lainnya yang tidak membutuhkan banyak biaya, bahkan kalau bisa grtais.

"Kita bisa alihkan juga waktu luang dengan kegiatan positif seperti olah raga yang lebih 'gratisan'," ujarnya.

Dia menambahkan, jika cara-cara di atas agaknya terlalu sulit, maka cara paling sederhana dan gampang adalah dengan tidak pergi ke pusat-pusat perbelanjaan.

"Supaya tidak tergoda belanja paling mudah adalah jangan jalan ke mal/pusat perbelanjaan. Jika mau kongkow, lebih baik ke kafe saja," lengkapnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed