Follow detikFinance
Rabu, 28 Feb 2018 06:56 WIB

Asuransi Tak Pernah Berikan Keuntungan Bagi Anda

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bila anda adalah orang yang mengharapkan keuntungan dari asuransi, maka anda salah tempat berharap. Apapun perusahaan asuransinya dan apapun produknya, selama itu adalah produk asuransi yang ditujukan untuk mengganti kerugian, maka produk asuransi yang anda miliki tidak akan memberikan keuntungan bagi anda.

Betul, anda tidak salah baca. Hal ini sesuai dengan asas indemnitas dalam asuransi. Dengan asas ini, asuransi memposisikan dirinya sebagai produk keuangan untuk penggantian kerugian sampai dengan batas maksimal dan bukan untuk memberikan keuntungan. Maka, perusahaan asuransi hanya akan memberikan penggantian kerugian bagi nasabahnya sesuai dengan kerugian yang dideritanya.

Bila anda mengalami kerugian (misalnya) berupa bagian belakang mobil yang penyok karena tertabrak, maka perusahaan asuransi hanya akan mengganti sebatas kerugian tersebut tanpa tambahan apapun. Biasanya, perusahaan asuransi hanya akan memberikan penggantian pembayaran atas perbaikan untuk mengembalikan mobil anda ke kondisi semula.

Perusahaan asuransi, sesuai dengan asas ini tidak akan memberikan tambahan misalnya perbaikan bagian belakang mobil plus sound system, atau plus bonus logam mulia. Bila perusahaan asuransi memberikan tambahan sound system atau logam mulia, maka kedua hal itu itu adalah keuntungan bagi anda, hal ini tidak akan pernah diberikan oleh perusahaan asuransi kapanpun juga.

Oleh karenanya, jangan pernah sekalipun berharap keuntungan dari asuransi yang anda miliki. Bila anda mengharapkan asuransi yang anda miliki memberikan keuntungan bagi anda, biasanya anda akan mengeluarkan uang lebih untuk membayar fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Meski akhirnya, perusahaan asuransi (tetap) akan membayarkan sesuai dengan kerugian yang diderita oleh nasabahnya.

Dengan membayar lebih, artinya anda merogoh kocek anda lebih dalam lagi hanya untuk membayar asuransi. Di sisi lain, anda masih memiliki kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya seperti menabung dan berinvestasi untuk dana pendidikan anak anda dan juga membayar cicilan KPR dan cicilan kendaraan anda. Lalu apa yang dikorbankan? Biasanya sih yang dipotong itu dana liburan dan hiburan bulanan anda, betul kan?

Sehingga, agar anda tidak membayar lebih untuk fitur dalam asuransi yang tidak anda butuhkan (dan tetap bisa liburan) adalah mengetahui kebutuhan dan kemungkinan terburuk apa yang akan terjadi pada anda. Dengan mengetahui dua hal ini, secara otomatis anda akan membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, anda juga akan terhindar dari kerugian membayar asuransi "kebanyakan" yang ternyata tidak memberikan keuntungan.

Lalu sekarang anda berpikir, bila asuransi tak pernah memberikan keuntungan maka apakah memiliki asuransi hanya mendatangkan kerugian? Sebetulnya, tidak seperti itu juga cara memandangnya, karena dengan memiliki asuransi, bila suatu hari anda mengalami kerugian maka perusahaan asuransilah yang akan memberikan penggantian kerugian bagi anda.

Sekarang paham kan bahwa asuransi tidak pernah berikan keuntungan, karena tujuan asuransi itu sendiri sebenarnya untuk mengganti kerugian. Akan tetapi tetap banyak sekali keuntungan dan keunggulan dengan memiliki asuransi.

Itu sebabnya kita harus belajar secara detil dan rinci agar tidak salah beli, seperti kebanyakan orang saat ini. Bila ingin belajar agar tidak tertipu anda bisa ikutan workshop yang dilaksanakan oleh tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB maupun IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy.

Info workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana bulan depan 2018 buka di sini http://bit.ly/WRD0218. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info di sini http://bit.ly/PMM0218.

Untuk di Bali atau anda ingin belajar sambil liburan bisa ikutan dibulan February workshop mengelola keuangan, info http://bit.ly/PMDPS02, Dan bagi yang ingin belajar Cara Kaya dengan Reksa Dana di Bali, info http://bit.ly/RDDPS02 lumayan bisa jalan-jalan liburan sambil belajar lho. Ada juga yang di Jogja, info bisa buka di sini http://bit.ly/PMJGS18 dan di sini http://bit.ly/RDJGS18.

Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Intermediate Financial Planning info lihat di sini http://bit.ly/IMD0318.

Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini t.me/seputarkeuangan.

Nah, sekarang coba bayangkan bila anda tidak memiliki asuransi dan anda mengalami sebuah risiko yang mendatangkan kerugian, mungkin anda harus mengambil uang dari tabungan atau deposito yang anda miliki untuk menutupi kerugian tersebut. Bahkan, mungkin anda harus menjual aset anda untuk bisa memiliki uang untuk menutupi kerugian tersebut. Lalu bayangkan kembali bila saat ini anda memiliki asuransi dan mengalami kerugian lalu perusahaan asuransi yang menggantinya, jadi untung kan punya asuransi?

Chao! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed