Follow detikFinance
Kamis, 08 Mar 2018 06:56 WIB

Gaji Rp 5 Juta Tapi Ingin Traveling? Bisa Kok

Prita Hapsari Ghozie, Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Gaji yang pas-pasan seringkali menjadi kendala untuk tetap bisa menikmati jalan-jalan. Jangankan bisa jalan-jalan, memiliki tabungan saja sudah merupakan hal yang sulit. Untuk menyikapi hal ini, memang perlu kedisiplinan dalam mengatur pengeluaran. Namun, ada trik juga agar dengan gaji Rp 5 juta per bulan tetap bisa jalan-jalan.

1. Atur cuti dari jauh hari
Pengaturan cuti sangat penting agar Anda bisa bepergian saat musim sepi liburan (low season). Contohnya, bepergian di pertengah Januari hingga Februari akan jauh lebih murah dibandingkan bulan Juni dan Desember.

2. Mendapat diskon dengan menjadi organizer grup
Apalagi kalau bepergian dengan grup besar, tawarkan diri menjadi organizer. Lalu, minta harga khusus pada agen perjalanan karena memesan untuk grup besar. Bukan mustahil diskon yang didapat malah bisa membuat penjalanan Anda menjadi gratis.

3. Ikut paket perjalanan Open Trip
Saat ini marak juga ditawarkan paket perjalanan open trip yang cocok bagi mereka yang memiliki bujet pas-pasan. Sebagai contoh, open trip ke beberapa lokasi wisata di pulau Bali bisa seharga Rp 1 juta per orang selama 6 hari 5 malam.

Biasanya, Open Trip berfokus pada pengalaman mendapatkan lokasi wisata, dengan mengurangi kenyamanan dalam hal akomodasi dan lainnya. Anda bisa saja mendapatkan teman sekamar yang sebelumnya belum dikenal. Namun, untuk generasi jaman now, hal ini mungkin menyenangkan karena bisa menambah teman baru.


4. Share cost travelling bersama teman atau saudara
Jika bujet sangat terbatas, namun tidak ingin bepergian dengan kenalan baru, alternatifnya bisa liburan bersama-sama dengan konsep cost-sharing atau berbagai biaya. Kunci suksesnya adalah bepergian dengan grup yang memiliki minat sama.

Hal ini dapat disepakati diawal dengan memiliki jadwal kegiatan dan tempat tujuan yang akan dikunjungi selama traveling. Dengan adanya itenary maka perjalanan yang ditempuh menjadi lebih efisien.

5. Sesuaikan dengan kemampuan
Tetap saja, menyesuaikan diri dengan kemampuan sangat penting. Setiap bulan sisihkan Rp250 ribu untuk tabungan liburan, kemudian tambahkan saat Anda mendapat bonus. Hindari berutang apalagi cicilan 0% mempergunakan kartu kredit hanya untuk perjalanan seperti ini.

Karena tentunya kamu tidak ingin disambut utang bukan, setelah pulang dari perjalanan yang seharusnya menyenangkan? Live a Beautiful Life!

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed