Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 08:28 WIB

3 Cara Keren Menghemat Uang (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Banyak orang mengeluh bahwa setiap bulan uang mereka terus saja habis dan tidak ada sisa setiap bulan sehingga mereka kesulitan untuk menabung dan berinvestasi secara bulanan. Tidak bisa dipungkiri bahwa keahlian dalam mengatur keuangan bulanan menjadi penting bagi semua orang.

Kegagalan dalam mengatur keuangan, menabung dan berinvestasi bisa berakibat fatal bagi keuangan dan masa depan anda beserta keluarga.

Oleh sebab itu dalam seri artikel berikut ini akan saya berikan tips dan trik cara keren untuk menghemat uang anda. Cara-cara ini sebenarnya sangat simpel dan bisa anda lakukan setiap hari.

Ini bukanlah trik baru, akan tetapi kebanyakan dari anda tidak menyadarinya. Yuk, kita simak apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghemat uang anda.

1. Pindahkan Rekening Bank Anda Untuk Mendapatkan Keuntungan Lebih, Bahkan Bunga Lebih
Biaya bank bisa menjadi sangat mahal. Biaya apa saja? Biaya bulanan rekening, biaya cek saldo, biaya transfer dalam bank dan antar bank, biaya pengiriman uang ke luar negeri dan biaya-biaya lainnya yang bila dijumlahkan setiap bulan akan menjadi sangat besar.

Lakukan perbandingan dan bila anda sering melakukan transfer dana, pindahkan rekening bank anda ke bank yang mengenakan biaya transaksi tadi yang lebih kecil.

Saat ini sudah banyak bank yang menggunakan aplikasi (mobile apps) memberikan fasilitas ini tanpa biaya alias gratis atau kalaupun dengan biaya biasanya sangat minim. Anda akan terkaget-kaget melihat jumlah dana yang bisa anda hemat hanya dengan melakukan perubahan simple ini.

2. Matikan TV Anda
Apa? Hal simple ini bisa membantu anda menghemat? Yes betul sekali. Mematikan TV anda atau tidak menghidupkan TV anda akan membuat anda lebih nyaman dan tidak terbujuk untuk melakukan belanja.

Dari mana saja penghematan tersebut? Pertama sudah pasti dari biaya listrik yang turun. Selain itu, karena anda menjadi sangat jarang nonton TV maka tidak ada alasan untuk anda berlangganan TV Cable dengan layanan film yang penuh.

Cukup berlangganan TV cable yang standar paling murah saja. Selain itu anda tidak akan melihat iklan barang baru (bahkan televisi jualan sekalipun) yang bisa mencegah anda untuk kemudian timbul keinginan untuk berbelanja.


Pilihan lain di luar televisi adalah dengan berlangganan film di internet. Langganan bisa dilakukan dengan kurang dari Rp 150 ribu per bulan dan bisa dilakukan patungan (dengan menggunakan 4 nama/log in).

Nah, sekarang anda sudah tidak menonton TV lagi, anda lebih bisa mengarahkan fokus anda pada kehidupan nyata. Anda bisa memulai bisnis tambahan anda sehingga justru bisa menambah penghasilan bulanan.

3. Ganti Hobi Mengumpulkan Barang Menjadi Hobi Menjual
Banyak orang yang hobi mengumpulkan barang, saya salah satunya. Beberapa barang memang dikoleksi karena memang saya penggemar fanatik, tapi barang lain dikoleksi dengan pemikiran bahwa suatu hari harganya akan naik sehingga saya bisa jual dengan keuntungan.

Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan contoh kehebohan ini. Kita masih ingat ada musimnya orang mengumpulkan tanaman "gelombang cinta" atau batu cincin "akik" yang bisa ditawarkan dan dijual seharga jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Lihat harganya sekarang. Beberapa barang seperti contoh tersebut malah bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis, dan tidak ada orang yang mau menerimanya. Bisa terbayang berapa besar kerugian orang-orang yang sudah terlanjur mengkoleksi barang-barang ini? Untuknya saya tidak ikut-ikutan.

Bila anda tidak ingin menjadi korban yang sama, maka jangan mengkoleksi barang-barang aneh yang menurut anda tidak masuk di akal. Bila anda sudah terlanjur memilikinya lebih baik jual barang tersebut segera ketika ada yang ingin memilikinya. Uang hasil penjualan, meskipun hanya Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu bisa anda investasikan untuk masa depan anda dan keluarga.


Bila anda tidak ingin jadi korban penipuan keuangan dan korban tidak siap keuangan, ikut kelas n workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan sehari info https://bit.ly/PMM0418 dan Belajar Menjadi Kaya Raya dengan Reksa Dana, info https://bit.ly/WRD0418.

Sementara, di luar kota, dibuka worshop sehari Mengelola Gaji di Surabaya info https://bit.ly/PMSUB18 dan Workshop Kaya dengan Reksa Dana info https://bit.ly/RDSUB18.

Sementara untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning di sini https://bit.ly/BFP0418.

Siap-siap juga awal bulanan Ramadan ada kelas Perencanaan Keuangan Syariah juga, info https://bit.ly/IFP0518, kelasnya hanya setahun sekali lho di bulan Ramadan saja.

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan atau membaca artikel-artikel kami yang terangkum dalam www.shilafinancial.com.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed