Follow detikFinance
Rabu, 18 Apr 2018 08:13 WIB

Kejar Target Keuangan di Usia Muda Pakai Cara Ini

Tung Desem Waringin - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Di dalam keseharian, seseorang tentunya akan mengalami masa-masa peningkatan. Berawal dari masa kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, berkeluarga, memiliki anak dan cucu, hingga pada saatnya akan meninggal. Tentunya masa-masa tersebut memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda satu sama lainnya.

Selain itu, setiap satu masa berjalan tentu saja membutuhkan biaya untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada. Karena itu, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat dalam setiap fase-fase kehidupan. Maka dari itu sangat dianjurkan bagi Anda agar dapat memulai segala usaha sejak dari usia muda.

Dan sudah banyak contohnya di luar sana banyak yang sudah bisa meraih kesuksesannya pada usia muda. Tapi sayangnya banyak orang yang hanya ingin meraih tanpa mengetahui langkah apa yang harus mereka tempuh untuk menggapainya.

Nah, berikut ini beberapa tips cerdas yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan target keuangan usia muda:

1. Bekerja Keras
Biasanya seseorang pada usia 20 Tahun mungkin masih terbilang usia yang sangat muda dan akan memilih menikmati masa-masa lajangnya, banyak orang yang berpikir jika tidak ada banyak tanggungan yang harus dipenuhi dalam hidup.

Namun, pada masa ini, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana arti kerja keras sesungguhnya. Bekerja dari siang hingga malam hari adalah hal yang wajar Anda lakukan untuk bisa menabung guna mendapatkan kebebasan finansial pada masa yang akan datang.

Janganlah mudah menyerah dan merasa lelah, segala kerja keras Anda akan membuah kan hasil yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

2. Kelola Keuangan
Anak muda tentu akan memiliki hasrat dan keinginan yang besar untuk memenuhi segala keinginannya, tapi jangan sampai lupa bahwa Anda juga harus memahami bagaimana cara mengendalikan pengeluaran yang baik.

Anda juga perlu mempersiapkan keuangan untuk momen-momen pada masa yang akan datang, seperti melanjutkan pendidikan, melangsungkan pernikahan, dan masih banyak lainnya. Karena itu, pada masa lajang ini, akan lebih baik jika Anda banyak mengalihkan uang untuk disisihkan ke dalam rekening tabungan.

Untuk mempermudah kegiatan menabung yang dilakukan, alangkah baiknya pisahkan antara rekening tabungan dan rekening pribadi.

3. Jangan biasakan berutang
Jika Anda memiliki kartu kredit, ada baiknya berhati-hati ketika menggunakannya. Gunakan dengan bijak dan memang sesuai dengan kebutuhan. Jangan selalu mengandalkah kartu kredit untuk memenuhi segala keinginan Anda.

Ingat bahwa utang kartu kredit adalah sebuah bunga berjalan yang akan bertambah besar yang pada akhirnya akan membuat Anda terjerat pada masalah keuangan.


4. Perbanyak Relasi
Usia muda adalah saat di mana Anda sangat mudah untuk bergaul. Ingat! Pergaulan Anda bisa menentukan masa depan Anda. Mulailah bergaul dengan mereka yang punya sifat pekerja keras, pantang menyerah dan kreatif, atau bahkan Anda bisa mulai bergaul dengan mereka yang sudah sukses pada usaha tertentu sehingga Anda juga akan mendapatkan ilmu dan dampak yang sangat bermanfaat.

5. Mulai Membangun Usaha
Siapa bilang membuka usaha adalah suatu kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang sudah dewasa, pada kenyatannya banyak dari para orang kaya di dunia ini yang sudah bisa meraih kesuksesan pada usia muda.

Bahkan sebagian dari mereka memulai usahanya dari usaha yang sangat kecil yang kemudian berkembang menjadi usaha yang besar. Maka dari itu mulailah membangun usaha mulai sekarang.

Anda bisa memulai dengan cara-cara yang sederhana dengan memanfaat segala fasilitas yang Anda miliki saat ini. Seperti menggunakan smartphone dan laptop Anda untuk membuka online shop, jasa pengetik, jasa iklan social media, dan masih banyak lainnya.

Janganlah Anda merasa takut untuk berbisnis, apapun rintangannya bahkan ketika Anda mengalami kegagalan sekalipun janganlah berputus asa, karena dari kegagalan tersebut Anda akan memiliki sebuah pengalaman berharga yang akan menjadi senjata bagi Anda meggapai kesuksesan.

Berikut adalah beberapa tipsnya untuk dapat menggapai segala target keuangan dan menjadi sukses pada usia muda. Percayalah segala usaha yang Anda lakukan hari ini akan membuahkan hasil yang manis pada kemudian hari yang akan membuat hari tua Anda terjamin. Hanya mengetahui saja tidak cukup, segera ambil tindakan dari sekarang.

Semoga bermanfaat.


Mau Ikut Pelatihan dengan Materi Terbaru Bersama Tung Desem Waringin yang Bisa Merevolusi Bisnis, Marketing, Sales Karir, Kehidupan, Kesehatan, Kebahagiaan dan Keuangan bahkan Percintaan Anda Selama 365 Hari Seharga Rp 2.997.000? (Setiap 30 hari ada hadiah menarik dan gratis untuk Anda).

Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Berikan GRATIS, Daftar Sekarang Juga, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed