Follow detikFinance
Kamis, 10 Mei 2018 08:29 WIB

Hati-hati Pilih Asuransi, Ini Tipsnya

Eko Endarto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setiap manusia tidak ada yang mengetahui bagaimana jalan hidup mereka akan berlangsung. Keadaan tersebut membuat kita harus selalu siaga dan tidak boleh menyerah. Ada kalanya kita akan diberi nikmat bahagia, sehat, sakit, dan sedih.

Kondisi itu tidak bisa kita hindari begitu saja, untuk melanjutkan hidup manusia harus berusaha penuh keyakinan.

Salah satu cara untuk mengatasi kejadian buruk di masa yang akan ialah dengan menggunakan asuransi. Asuransi membantu anda menghadapi kejadian yang menimbulkan dampak terutama secara finansial.

Berbagai jenis seperti pendidikan, kesehatan, jiwa serta kendaraan anda bisa diasuransikan. Namun dibutuhkan ketelitian dan rasa ingin tahu yang tinggi sebelum memilih asuransi.


Berikut beberapa tips supaya berhati-hati dalam memilih asuransi sehingga Anda tidak akan menyesal di kemudian hari:

Penawaran harga premi
Saat mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi berarti anda sudah harus siap dengan persiapan asuransi. Di antaranya adalah dengan melengkapi administrasi dan membayar premi setiap bulannya.

Jumlah premi yang harus dibayarkan akan menentukan jumlah polis yang akan anda peroleh. Untuk menarik nasabah ada beberapa perusahaan yang menawarkan diskon premi tanpa merubah jumlah polis yang akan didapatkan, anda bisa mencobanya.

Reputasi perusahaan asuransi
Setiap perusahaan tentu memiliki reputasi masing-masing, mereka mendapatkannya dari pelayanan yang telah diberikan pada nasabah lainnya. Anda bisa mencari tahu dengan googling atau mendengar dari mulut orang lain.

Reputasi tersebut dipengaruhi oleh cara klaim, jumlah polis yang cair apakah sesuai perjanjian atau tidak, ketahanan keuangan terhadap perekonomian dalam negeri.

Sesuai kebutuhan
Perusahaan asuransi yang baik tentu tidak akan memaksakan anda dalam mengambil salah satu penawaran mereka tanpa alasan yang jelas. Anda tidak perlu ragu untuk mengemukakan keadaan, pendapat, serta pertanyaan, sebab itu akan membantu mereka menganalisa keadaan Anda. Dengan begitu, perusahaan asuransi akan dengan mudah memberikan produk yang tepat untuk Anda.

Itulah 3 tips penting yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi. Tidak lupa, Anda harus mendiskusikan dengan pasangan hidup. Pilihlah yang sesuai kebutuhan namun tidak melampaui kemampuan keuangan Anda. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed